DPT Kota Cirebon Tahun 2018 Menyusut 3000 Suara

KPU Kota Cirebon mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perbaikan daftar pemilihan sementara (DPS) dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perbaikan daftar pemilihan sementara (DPS) tingkat kota dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) di Aula KPU Kota Cirebon, hari Kamis (19/4). Dalam rapat tersebut KPU mengumumkan jumlah akhir DPT Kota Cirebon yaitu sebesar 230.446 suara. Jumlah tersebut menurun kurang lebih 3000 suara bila dibandingkan pada DPT Pemilihan Presiden 2014 lalu yaitu sebanyak 233.774 suara.

“Dengan total DPT laki-laki sebanyak 113.843 orang dan total DPT perempuan sebanyak 116.603 orang. Hasil akhir DPT tersebut merupakan hasil dari pencocokan dan penelitian yang sudah dilakukan oleh petugas di lima kelurahan di Kota Cirebon,” kata Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani, hari Kamis (19/4).

Anggota Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Iwan Setiawan menambahkan jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1937 orang. Jumlah pemilih yang terdaftar belum merekam data e-KTP sebanyak 901 orang dan jumlah pemilih baru 1810 orang.

Menurut laporan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mengapa angka DPT tahun ini menurun hingga 3000 suara adalah karena data jumlah penduduk DP4 di periode yang lalu diberikan dari Disdukcapil ke KPU Pusat. Namun untuk periode sekarang data jumlah penduduk DP4 diberi oleh Kemendagri ke KPU pusat setelah dikonsolidasikan nasional atau dibersihkan. Dengan kata lain pada periode dulu belum terintegrasi seperti sekarang. Jadi ada indikasi data ganda di beberapa daerah.

Namun Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani tidak akan mengungkit kesalahan data ganda di masa lalu. Dia meminta kepada petugas di lapangan untuk bekerja keras agar tidak ada lagi data ganda di Kota Cirebon. (Dian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s