Pj Walikota Cirebon Minta Dinkes Perbanyak Layanan Rawat Inap di Puskesmas

Penjabat Walikota Cirebon Dedi Taufikkurohman saat menghadiri Raker Kesda di Cirebon. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia) Cirebon – Penjabat Walikota Cirebon Dedi Taufikkurohman meminta puskesmas yang memiliki layanan rawat inap diperbanyak. Tujuannya adalah untuk menopang keberadaan RSUD Gunung Jati yang selama ini menjadi rujukan dari sejumlah kota di luar Kota Cirebon.

“Sekarang kita sudah memiliki 22 puskesmas dan 15 puskesmas pembantu. Dengan diperbanyaknya puskesmas yang bisa melayani rawat inap maka pelayanan kesehatan yang diberikan kepada 321.000 penduduk Kota Cirebon akan lebih baik lagi,” kata dia dalam Raker Kesda di Cirebon, hari Senin (30/4).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mendukung pola hidup sehat yaitu 5 persen faktor genetik, faktor perilaku manusia, faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto menjelaskan ada sejumlah program kerja yang akan dilakukan tahun ini. Yaitu penurunan kematian ibu dan bayi, penurunan penyakit menular dan tidak menular, serta stunting atau kurang gizi kronis akibat asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama yang harus dieliminasi.

“Kita memang terbatas dari segi sumber daya manusia (SDM) namun dengan bekerja seoptimal mungkin kami yakin dengan segala keterbatasan yang ada pencapaian bisa optimal,” kata dia.

Selain itu, melalui Raker Kesda ini juga turut disosialisasikan indikator-indikator keluarga sehat dengan pendekatan berbasis keluarga.

Menurutnya salah satu yang menjadi masalah dalam penerapan pola hidup sehat masyarakat di Kota Cirebon yaitu masih adanya pemahaman yang salah mengenai kesehatan. Salah satunya di daerah Argasunya.

“Di daerah tersebut masih belum diperbolehkan imunisasi. Karena itu pencapaian imunisasi di daerah lain bisa mencapai 90 persen di Argasunya hanya 70 persen. Untuk mengatasinya mereka saat ini terus melakukan pendekatan sosial kultur dan demografis dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait,” kata dia. (Humas Pemkot Cirebon)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s