Jelang Lebaran, Stok Pangan di Kota Cirebon Aman

Pj Walikota Cirebo Dedi Taufikkurohman (kanan) dan Kapolres Kota Cirebon Roland Ronaldy (tengah) meninjau pasokan bahan pangan di salah satu pasar di Kota Cirebon. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia) Cirebon – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Penjabat Walikota Cirebon Dedi Taufikkuohman melakukan inpeksi mendadak terhadap pasokan kebutuhan pangan di beberapa pasar di Kota Cirebon.

“Tadi saya lihat semua stok ada. Mulai dari beras, gula, minyak goreng, telur, bawang merah, bawan putih, cabai merah. Kami yakinkan jika stok tersedia, ” kata Dedi usai meninjau kebutuhan pokok di Pasar Jagasatu, Kota Cirebon, hari Rabu (2/5).

Sejumlah bahan pangan bahkan ada yang dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET) dan beras Bulog pun sudah mulai masuk ke pasaran. Namun dia mengakui ada juga sejumlah bahan pangan yang mengalami kenaikan. Meski kenaikan tersebut masih dalam batas wajar, melalui dinas terkait dia meminta untuk terus dilakukan pemantauan stok dan kenaikan harga setiap hari sehingga stabilitas harga akan tercipta.

Sementara itu, Dedi juga mengapresiasi kegiatan Mini Expo UMKM WUBI dan Pasar Murah Komoditas Menjelang Ramadan yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon di Alun-alun Keraton Kacirebonan.

“Kalau bisa jangan dua hari, tapi lebih lama lagi. Sehingga masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok yang diinginkan menjelang bulan puasa lebih lama lagi,” kata dia.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy menyatakan melalui Satuan Tugas (Satgas) Pangan pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran.

“Jika ada kecurangan akan kami tindak tegas,” kata dia.

Sementara itu, Deputi Kepala BI Cirebon Rawindra Ardiansah menjelaskan terjadinya inflasi menjelang hari raya keagamaan dipicu oleh kenaikan harga bahan makanan. Dia jua mengakui sudah ada kenaikan harga pangan dalam jangka waktu dua minggu sebelum Ramadan. Namun, menurutnya tingkat kenaikan tersebut masih dalam batas wajar.

“Kami akan terus melakukan pemantauan harga hingga menjelang Lebaran mendatang,” kata dia. Menurutnya tujuan pasar murah digelar menjelang Ramadan adalah untuk meyakinkan masyarakat bahwa pasokan bahan pangan itu aman. (Humas Pemkot Cirebon)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s