Ribuan Pasukan Pengamanan Bersiaga Jelang Hari Pemungutan Suara

Dedi Taufikkurohman dan Rolan Ronaldy saat memeriksa petugas pengamanan dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada Serentak di Alun-alun Kejaksan, Jalan Kartini, Kota Cirebon, hari Senin (25/6). (Foto: Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia) Cirebon – Polres Cirebon Kota menyiagakan 1.050 personel gabungan untuk mengamankan Pilkada Serentak di wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Personel gabungan tersebut terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Damkar, PPS, Dinas Perhubungan, dll.

“Totalnya ada 1.050 personel gabungan yang diterjunkan lusa nanti,” kata Kepala Polres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy usai Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada Serentak di Alun-alun Kejaksan, Jalan Kartini, Kota Cirebon, hari Senin (25/6).

Untuk menjaga kenetralan, petugas akan berjaga di luar TPS dan tidak diperkenankan masuk. Pihaknya juga akan menindak tegas bila ada pihak yang ingin mengacaukan Pilkada Serentak tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Walikota Cirebon Dedi Taufikkurohman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cirebon juga mengecek kondisi armada yang diterjunkan dalam Pilkada. Mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat. Bahkan Dedi juga sempat memukul pelindung badan yang digunakan oleh seorang petugas Polres Cirebon Kota.

“Pasukan akan menjaga keamanan melayani masyarakat di 579 TPS yang ada di Kota Cirebon. Tidak diperkenankan mobilisasi massa pada hari pencoblosan,” kata Dedi.

Dedi menjamin Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri akan bersikap netral dalam menjaga keamanan. Pihaknya melihat pelaksanaan tahapan Pilkada sudah berjalan sesuai aturan dan berjalan aman.

“Mari sukseskan penyelenggaraan pemilu serentak untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota,” kata Dedi.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan pengamanan Pilkada 2018 diperkirakan jauh lebih baik pengamanannya. Pasukan yang akan disebar sudah menjalani pelatihan pengamanan.

“Kami akan menempatkan minimal dua personil di setiap TPS. Sekitar 1324 personil akan ditempatkan di TPS, Kelurahan, Kecamatan dan lokasi yang harus diamankan,” kata dia. (Humas Pemkot)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s