Hubungi 112, Layanan Nomor Darurat Warga Kota Cirebon

 

(Suara Gratia) Cirebon – Pemerintah daerah Kota Cirebon meluncurkan layanan kedaruratan 112 untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada masyarakat. Layanan ini membutuhkan sinergi dan kerja sama yang baik dengan semua pemangku kepentingan untuk mendukung layanan kedaruratan satu nomor tersebut.

“Layanan kedaruratan 112 ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufikkurohman saat acara Tindaklanjut Kesiapan Implementasi Layanan Panggilan Darurat (call center) 112 di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, hari Kamis, (19/7).

Melalui layanan kedaruratan 112 ini memudahkan masyarakat untuk mengakses permohonan bantuan ketika ada kejadian kedaruratan. “Jadi tidak harus lagi mengingat beberapa nomor seperti yang selama ini dilakukan,” ungkap Dedi.

Karena layanan kedaruratan 112 merupakan nomor tunggal panggilan darurat (emergency call center) yang dapat menerima maupun mengirimkan permintaan pertolongan dari masyarakat.

Karena itu, Dedi pun meminta kepada seluruh instansi maupun perangkat daerah serta stakeholders terkait dapat menghilangkan ego sektoral masing-masing. Karena sinergitas di antara masing-masing stakeholders sangat penting untuk mewujudkan layanan kedaruratan 112 ini.

Sementara itu Kepala DKIS Kota Cirebon, Iing Daiman mengungkapkan Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) ini dilaksanakan untuk penanganan berbagai keadaan darurat. Mulai dari kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam, penanganan masalah kesehatan, gangguan keamanan dan ketertiban umum serta berbagai keadaan darurat lainnya.

“Nanti masyarakat cukup menekan angka 112,” ungkap Iing. Tujuan dari menyatukan nomor panggilan darurat ini tidak lain untuk mempermudah masyarakat dalam penanggulangan keadaan darurat. “Termasuk mempercepat penanggulangan keadaan darurat itu sendiri,” kata Iing. Serta mempermudah koordinasi antar instansi terkait.

Kelebihannya layanan ini yaitu berstandar internasional, tidak berbayar karena bisa melakukan panggilan tanpa pulsa, dalam beberapa kondisi telepon darurat bisa dilakukan tanpa adanya kartu SIM, tetap dapat melakukan panggilan darurat dalam kondisi phone lock, penanganan darurat lebih efisien dan kualitas terjaga, setiap insiden tercatat dan termonitor respon waktunya, serta mendorong pelayanan darurat sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang dibuat.

“Sistem ini juga terus dikembangkan dengan road map yang jelas dan terintegrasi dengan sistem pendukung yang sudah terbukti,” ungkap Iing.

Ada pun sejumlah nomor yang akan disatukan diantaranya layanan darurat 123 PLN, layanan darurat 115 BNPD, layanan darurat 119 Public Safety Center, layanan darurat 110 contact center kepolisian, layanan darurat 113 pemadam kebakaran, layanan darurat 118 ambulans gawat darurat dan lainnya. Peluncuran secara resmi layanan kedaruratan 112 ini ditargetkan pada awal bulan September 2018 mendatang.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, mengungkapkan jika penerapan program Smart City harus melibatkan semua pihak. “Agar program yang ada bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan,” kata Roland. Terlebih tujuan utamanya adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Karena itu, lanjut Roland, Kepolisian Cirebon Kota siap untuk melibatkan diri dalam program yang berkaitan dengan smart city dan program pemerintah.

Bahkan program yang dimiliki oleh Polres Cirebon Kota siap untuk disinergikan dengan pemerintah daerah kota cirebon sehingga nantinya bisa berkolaborasi untuk menjalankan layanan 112 ini. (Humas Pemkot Cirebon)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s