DLH Kota Cirebon akan Tegakkan Perda Sampah

tpss wahidin
TPSS Wahidin Kota Cirebon. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia) Cirebon – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon akan menegakkan  peraturan daerah (Perda) terkait tempat pembuangan sampah sementara (TPSS). Menurut aturan, TPSS peruntukannya hanya sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga.

Kepala DLH Kota Cirebon, Abdullah Syukur menegaskan peruntukkan TPSS adalah sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga. Namun, selama ini banyak ditemukan sampah-sampah yang bukan berasal dari rumah tangga.

“Selama ini, DLH Kota Cirebon telah melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan pengawasan di sejumlah TPSS. Tapi mereka tidak berani menegur. Karena terkadang ada yang marah kalau dilarang buang sampah di TPSS,” kata Syukur usai melakukan pembersihan sampah bersama TNI-Polri di TPSS Kesambi, hari Rabu (5/9).

Syukur berencana akan melakukan operasi yustisi, apalagi saat ini Kota Cirebon sudah memiliki perda mengenai sampah dan hanya menunggu peraturan walikotanya saja.

“Jika Perwali sudah ada, maka secara rutin mereka akan mendatangi setiap TPSS dan melakukan penegakkan perda jika ditemukan ada orang-orang yang membuang sampah tidak sesuai dengan peruntukkannya,” kata dia.

Selain itu, untuk menghindari pembuangan sampah tidak pada tempatnya, dia berencana untuk menutup tiga TPSS yang terletak di ruas jalan protokol Kota Cirebon. Di antaranya adalah TPSS di Jalan Kesambi, Jalan Wahidin dan Jalan Ciptomangunkusumo. Sebagai gantinya DLH Kota Cirebon akan menyiapkan TPS mobile, yaitu berupa truk pengangkut sampah yang akan datang langsung ke tiap-tiap RW.

“Jika anggarannya telah disetujui kami akan akan bergerak,” ungkap Syukur.

Pada kesempatan yang sama, Syukur juga meminta maaf kepada warga Kota Cirebon yang telah terganggu dengan menumpuknya sampah di beberapa TPSS. Syukur pun mengajak kepada masyarakat untuk membuang sampah sesuai dengan peruntukkannya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy dan Dandim 0614 Kota Cirebon Letkol Inf. Heri Rustanto beserta jajarannya membantu DLH Kota Cirebon untuk membersihkan dan mengangkut sampah di beberapa titik TPSS.

“Kami juga sangat mencintai Kota Cirebon meski tidak lahir di sini, malu kalau disoroti jelek,” kata Heri Rustanto di TPSS Jalan Kesambi, Kota Cirebon, hari Rabu (5/9).

Menurutnya, Cirebon sebagai kota wisata tidak semestinya mempunyai pemandangan yang memalukan apalagi terkait sampah. Oleh karena itu, pihaknya segera berkoordinasi dengan Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy untuk mengatasi masalah tersebut.

“Semalam kami sudah berbicara banyak. Hari ini kami sisir semua TPSS yang masih penuh diangkut ke TPA,” kata Roland.

Indikasi Perusahaan Buang Sampah ke TPSS

Selain itu, Roland juga mengindikasi adanya perusahaan yang membuang sampah di TPSS hingga membuat sampah membludak hingga ke badan jalan. Padahal, menurut peruntukkan, TPSS hanya sebagai tempat pembuangan sampah sementara saja.

Dia menegaskan pihaknya tidak akan tinggal diam dan akan menyelidiki bila ada perusahaan yang membuang sampahnya ke TPSS                . Menurutnya, perusahaan harus berpedoman pada aturan yang menyebutkan bahwa perusahaan harus membuang sampahnya langsung ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Mantan penyidik KPK itu juga akan menyoliasisasikan terkait menjaga kebersihan lingkungan kepada masyarakat dan berharap masyarakat Kota Cirebon sama-sama membangun kesadaran tentang pengelolaan sampah. (Dian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s