Gubernur Jabar akan Terapkan Tiga Konsep Ramaikan BIJB Kertajati

bijb
Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati. (Foto: Dian)

(Suara Gratia) Cirebon – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menerapkan tiga konsep untuk meramaikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Tiga langkah tersebut dipercaya Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dapat menambah penumpang yang memanfaatkan layanan terbang dari atau ke bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

“Tahun ini kita akselerasi BIJB. Kami akan (melakukan) promosi dengan tiga konsep yang sudah dibicarakan dengan Menteri Perhubungan,” kata Emil dalam acara Hiber Sareng Ti Kertajati di BIJB Kertajati , hari Rabu (9/1).

Konsep pertama yaitu dengan memindahkan umroh dari Jakarta ke BIJB Kertajati. Menurut dia, ada sekitar 600.000 warga di Jawa Barat yang setiap tahunnya melakukan umroh. Jika berhasil, maka BIJB akan semakin sibuk dengan banyaknya penumpang yang berangkat umroh.

Kemudian konsep yang kedua adalah mengembangkan sektor pariwisata di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).

“Di sini lengkap, ada gunung, air terjun, kuliner, wisata sejarah yang banyak orang tidak tahu. Apalagi pekan depan akan ada penerbangan dari Jakarta menuju Kertajati dan sebaliknya.”

Konsep yang ketiga adalah dengan memindahkan kargo ke BIJB Kertajati. Menurut Emil, jika ketiga konsep tersebut bisa berjalan maka BIJB Kertajati akan semakin ramai dengan banyaknya kegiatan perekonomian. Apalagi, lanjut dia, Pelabuhan Patimban juga akan segera beroperasi. Maka kolaborasi BIJB Kertajati-Pelabuhan Patimban akan menjadi segitiga emas bagi perekonomian Jawa Barat.

Selain tiga konsep tersebut, Emil juga akan mencari duta pariwisata dari kalangan selebriti dan menggunakan keampuhan media sosial dengan tanda pagar #bandarakertajati #meriahkankertajati #milenialkemenhub #ngapungbarengkertajati #indonesiamaju #kerjabarengkemenhub.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyambut baik konsep yang akan dilakukan Gubernur Jawa Barat untuk meramaikan BIJB Kertajati. Dalam waktu dekat Budi mengaku akan segera mengumpulkan stakeholder terkait untuk membicarakan pemindahan umroh serta cargo ke BIJB Kertajati.

“Apalagi BIJB Kertajati memiliki fasilitas terlengkap setelah Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, dengan pemindahan ini maka bandara Soekarno-Hatta bisa digunakan untuk kegiatan lainnya,” kata Budi dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, menjelaskan Kota Cirebon sudah siap dengan pariwisatanya. “Visi dan misi kita sama dengan Jabar, yaitu mengembangkan pariwisata di Kota Cirebon,” kata Eti.

Oleh karena itu saat ini Pemkot Cirebon tengah gencar melakukan berbagai kegiatan untuk mewujudkan Cirebon bersih, hijau dan tertib. “Semua kami lakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Cirebon,” ungkap Eti.

Selain itu dalam waktu dekat, yaitu 16 dan 17 Februari serta 23 Februari akan digelar Cirebon Festival (Cifest). Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk menarik minat wisatawan datang ke Kota Cirebon. (Humas Pemkot Cirebon)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s