Sports Tourism: Upaya Dongkrak Pariwisata Cirebon

20190311_121810
Jumpa pers Sports Tourism untuk Ciayumajakuning Cirebon Sports Series – 3X3 Basketball Challenge di Grage City Mall Cirebon, hari Senin (11/3).

(Suara Gratia) CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon saat ini sedang mengejar target dua juta wisatawan untuk berkunjung ke Kota Cirebon. Tak hanya membenahi wajah kota namun beragam acara digelar oleh seluruh dinas-dinas terkait. Salah satunya adalah sports tourism.

Sports tourism ini juga mendukung upaya Kota Cirebon mengejar target dua juta wisatawan datang ke Cirebon. Kami memiliki banyak fasilitas seperti hotel berbintang, pusat perbelanjaan, sarana olahraga dan transportasi yang memadai. Bila ini (sports tourism) disambut baik, kami akan coba masukkan menjadi kalender event,” kata perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Edy Tohidi saat jumpa pers Sports Tourism untuk Ciayumajakuning Cirebon Sports Series – 3X3 Basketball Challenge di Grage City Mall Cirebon, hari Senin (11/3).

Sports tourism dalam hal ini adalah di mana Grage Group akan bekerja sama dengan ROCCA dan SBA untuk menggelar turnamen basket di atrium Grage City Mall dengan tajuk “3X3 (Baca: three ex three) Basketball Challenge”.

3X3 Basketball Challenge merupakan gelaran pembuka Cirebon Sport Series 2019. Rangkaian kegiatan olahraga tersebut terdiri dari 3X3 Basketball Challenge, Cirebon 10 Miles, Ciremai 100 Miles, Cirebon Bebek Underbone, dan Ciremai Trails.

Komisaris Grage Group Bamunas Setiawan Boediman juga menyambut baik kerjasama tersebut karena olahraga tersebut bersifat dinamis dan menghibur.

“Kami yakin dapat meningkatkan pengunjung Grage City Mall sekaligus menjadi tontonan ang seru dan menarik untuk para pengunjung mall lainnya,” kata dia.

Selain menarik wisatawan untuk berkunjung, acara ini juga akan mendorong ekonomi kreatif, mengingat potensi pasar terbesar ada di generasi usia produktif yang lebih dari setengahnya terkategori millenial.

“Selain itu, kami juga memiliki visi melalui gaya hidup dan kegiatan olahraga, kita bersama membangun karakter bangsa sekaligus mendorong perekonomian negara,” kata CEO ROCCA Juliany Nurdin.

Melalui olahraga, lanjut dia, seseorang dapat belajar beberapa hal prinsip dasar kehidupan yaitu patuh terhadap aturan, menjunjung sportivitas dan mengajarkan tentang pentingnya sebuah proses pencapaian.

Kepala Sub-bidang 3×3 Perbasi Anthony Gunawan mengatakan registrasi turnamen ini akan dilakukan secara online dan akan dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama diikuti kategori putra usia 18-30 tahun, kategori putra 30 tahun ke atas, dan kategori putri 18 tahun ke atas. Pemain asing maupun pemain profesional boleh ikut bermain di 3X3 Basketball Challenge.

Sementara itu untuk fasilitas pertandingan seperti lapangan, bola hingga perlengkapan skor akan berstandar Federasi Basket Internasional (FIBA) atau sama seperti yang dipakai pada Asian Games 2018 lalu.

Pelaksanaan 3X3 Basketball Challenge ini akan diawali dengan Opening Tournament Cup di tanggal 29-31 Maret 2019 dengan banyak kompetisi baik dari sekolah dasar sampai dengan eksekutif dan kegiatan lainnya yang akan mendukung kegiatan bola basket khususnya 3X3 yang ada di Cirebon.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s