Cirebon Banjir, Walikota Klaim Sudah Antisipasi

azis2
Walikota Cirebon Nasrudin Azis saat meninjau Kelurahan Kalijaga yang terdampak banjir. (Foto: Humas Pemkot Cirebon).

(Suara Gratia) CIREBON – Hujan besar yang melanda Kota Cirebon pada Senin (13/1) malam membuat beberapa wilayah diterjang banjir. Seperti yang dialami oleh warga di daerah Kalijaga, Harjamukti, Kota Cirebon.

Walikota Cirebon, Nasrudin Azis menyatakan bahwa dia bersama forum pimpinan daerah (Forkompimda) dan masyarakat sudah melakukan antisipasi sebelumnya di kelurahan tersebut. Di antaranya adalah dengan pengerukan sungai.

“Kami sudah melakukan upaya bersih-bersih sungai,” kata Azis saat meninjau kawasan Kalijaga pada hari Selasa (14/1) pagi.

Selain itu, dia juga sudah meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung untuk mengeruk sungai-sungai yang menjadi tanggung jawab mereka.

Setelah melakukan peninjauan, Azis mengatakan untuk saat ini pihaknya akan berkonsentrasi menolong para korban banjir dan membuat dapur umum. Dapur umum tersebut dibuat di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon.

Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Iing Daiman menjelaskan sejak pagi bantuan makanan sudah disalurkan ke korban-korban banjir. Rencananya bantuan tersebut akan diberikan sebanyak tiga kali dalam satu hari.

“Kami siapkan di belakang kantor (DSPPPA) dapur umum dan untuk memudahkan akses air bersih. Bantuan makanan kami salurkan sehari tiga kali,” kata Iing.

Berdasarkan informasi dari KPBD Kota Cirebon, banjir yang terjadi semalam disebabkan curah hujan yang tinggi selama 3 jam pada Senin, 13 Januari 2020. Sehingga pemukiman warga di RT 07 di RW 02, RW 03, RT 08 di RW 03 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon terendam air. Air menggenangi sekitar 164 rumah warga dengan ketinggian sekitar 1,5 meter. Air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 20.00 WIB dan surut sekitar pukul 23.30 WIB. Hingga kini, petugas terkait masih siaga di lokasi terjadinya banjir. (Humas Pemkot Cirebon)

 

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: