Tak Ingin Terulang, Pemkot Cirebon Normalisasi Sungai Cikalong

 

sungai cikalong
Sungai Cikalong. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia) CIREBON – Pemerintah Kota Cirebon akan melakukan normalisasi Sungai Cikalong untuk mencegah kejadian banjir terulang kembali di Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

“Kejadian kemarin jangan sampai terulang kembali,” kata Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati saat meninjau langsung normalisasi Sungai Cikalong, hari Rabu (15/1).

Normalisasi tersebut, lanjut Eti, untuk memperlebar aliran sungai sehingga sungai bisa menampung air dalam jumlah yang lebih banyak lagi di musim penghujan ini.

Eti mengatakan normalisasi Sungai Cikalong dilakukan sepanjang dua kilometer di sisi yang mengarah ke hilir. Sebelumnya Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS CC) sudah melakukan normalisasi.

Dana yang akan dipakai untuk normalisasi kali ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cirebon dan akan meminjam alat berupa backhoe dari BBWS CC.

Selain Sungai Cikalong, dalam waktu dekat normalisasi Sungai Cipadu juga akan dilakukan dengan bekerja sama dengan pemerintah kota, kabupaten Cirebon dan BBWS CC. Eti juga meminta kepada dinas terkait untuk segera memetakan kewenangan pemeliharaan sungai yang ada di Kota Cirebon.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Cirebon, Agung Kemal menjelaskan ada dua sungai yang menjadi penyebab banjir di Kota Cirebon yaitu Sungai Cikalong dan Sungai Kedungpane. Selain itu, dia juga mengungkapkan ada hal lain yang menjadi penyebab banjir, yaitu bangunan liar.

“Sejumlah bangunan liar yang ada di bantaran sungai juga menjadi penyebab penyempitan aliran sungai,” kata Agung. Oleh karena itu, lanjut dia, dibutuhkan kerja sama dengan semua pihak termasuk masyarakat untuk segera memperbaiki aliran sungai. (Humas Pemkot Cirebon)

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: