Barang Hilang di Kereta? Ini Cara Menemukannya

WhatsApp Image 2020-02-01 at 11.49.19 AM
Senior Manager Pos Pengamanan PT KAI Daop 3 Cirebon Joko Prasetyo (baret oranye) menunjukkan barang-barang yang tertinggal di kereta kepada Kadaop 3 Cirebon Tamsil Nurhamedi dan wartawan di Stasiun Kejaksan Cirebon, hari Kamis (30/1). (Foto: Dian)

(Suara Gratia) CIREBON – Sebagai pengguna moda transportasi kereta api, banyak penumpang yang membawa barang bawaan. Berbeda seperti naik pesawat, barang-barang besar seperti koper, tas dan barang lainnya seutuhnya dibawa oleh penumpang dan ditaruh di atas kabin atau diletakkan di bawah kursi.

Tak jarang karena terlalu banyak membawa barang atau lupa, penumpang seringkali tidak sengaja meninggalkan barang tersebut. Menurut Senior Manager Pos Pengamanan PT KAI Daop 3 Cirebon Joko Prasetyo mengatakan barang-barang yang sering tertingal bermacam-macam. “Misalnya makanan, minuman, tas, ponsel, laptop hingga perhiasan emas,” kata dia.

Lalu bagaimana bila barang Anda tertinggal di kereta?

Pertama, Anda dapat melaporkan barang yang dimaksud kepada petugas kereta api. Baik itu kondektur, petugas pengamanan kereta api yang sedang bertugas atau kontak layanan KAI 121. Setelah itu, petugas akan membantu mencari barang tersebut.

“Barang-barang yang tertinggal di kereta akan langsung diamankan oleh petugas. Mereka akan mengumumkan melalui pengeras suara baik di dalam kereta maupun di area stasiun,” kata Joko dalam press conference “Lost and Found Service” di Stasiun Kejaksan Cirebon, hari Kamis (30/1).

Bila tidak ada yang mengaku atau mengambil barang tersebut, petugas akan membawanya dan mengamankannya di dalam loker khusus yang sudah disediakan.

Kemudian untuk menghindari oknum yang tidak bertanggung jawab, petugas akan memeriksa kembali tiket atau kartu identitas yang dimiliki oleh penumpang tersebut. Bila valid, barang tersebut akan diserahkan kepada pemiliknya.

PT KAI Daop 3 Cirebon juga akan memberikan penghargaan kepada penumpang atau petugas yang menemukan barang yang tertinggal. “Ini sebagai apresiasi integritas,” kata Deputy Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Raden Agus Dwinanto Budiadji.

PT KAI mencatat selama tahun 2019 terdapat 209 pelayanan barang hilang atau lost and found dan dari jumlah tersebut hanya tersisa 14 barang yang belum diambil pemiliknya.

“Selama 2019 ada 209 pelayanan barang hilang maupun temuan atau lost and found,” kata Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Tamsil Nurhamedi di Cirebon, Kamis (30/1/2020).

Tamsil mengatakan jumlah pelayanan tersebut terperinci menjadi tiga kategori, yaitu barang berharga sebanyak 146, barang biasa 57 pelayanan dan barang makanan serta minuman ada 6.

Dari semua pelayanan itu lanjut Tamsil, sebanyak 195 barang telah diambil oleh pemiliknya dan 14 barang masih tersimpan di Pos Pengamanan KAI yang berada di Stasiun Cirebon. (Dian)

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: