Cegah Virus Corona, PT KAI Daop 3 Sediakan Tim Medis dan Cairan Antiseptik

WhatsApp Image 2020-03-05 at 15.31.14 (1)
Pemeriksaan gigi di Rail Clinic. (Foto: Dian)

(Suara Gratia) CIREBON – PT KAI DAOP 3 Cirebon menyediakan tim medis dan cairan antiseptik di beberapa tempat di lingkungan stasiun sebagai langkah cepat menyebarnya virus corona di Indonesia khususnya di Daop 3 Cirebon.

“Di wilayah Daop 3 Cirebon, hand sanitizer ditempatkan di beberapa titik yang menjadi area umum dan memiliki potensi antar penumpang saling bersentuhan atau berinteraksi seperti di area checkin boarding, ruang tunggu penumpang, dan zona 1 Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Brebes dan Haurgeulis,” kata Wisnu Pramudyo, Kepala Daop 3 Cirebon di Stasiun Kejaksan Cirebon, hari Kamis (5/3).

Selain itu, dalam hal kebersihan sarana kereta, PT KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi. Mereka juga menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan. Kemudian, bantal yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang.

WhatsApp Image 2020-03-05 at 15.31.14
Kepala Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudyo (kanan) saat menggelar konferensi pers di Stasiun Kejaksan. (Foto: Dian)

Manajer Humas PT  KAI Daop 3 Luqman Arif juga menegaskan cairan antiseptik hanya disediakan di beberapa titik di stasiun keberangkatan dan tidak disediakan di dalam kereta api. Dia juga menegaskan PT KAI hanya mengimbau kepada para penumpang yang merasa tidak enak badan langsung menghampiri petugas medis untuk diperiksa.

Announcer secara aktif menyampaikan imbauan kepada penumpang yang saat itu kondisinya sedang tidak sehat untuk berobat di pos kesehatan di stasiun,” kata dia.

WhatsApp Image 2020-03-05 at 15.31.15 (2)
Perpustakaan Rail Clinic. (Foto: Dian)

Rail Clinic Beroperasi ke Lintas Utara dan Selatan Jawa

Wisnu juga mengatakan selain menyediakan tim medis dan cairan antiseptik, pihaknya juga menjalankan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic dan Kereta Inspeksi di lintas utara dan selatan Jawa mulai pada tanggal 5 Maret hingga 9 Maret 2020.

Dia menjelaskan, KAI akan melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pembagian pamflet, dan penyuluhan kesehatan tentang virus corona, cuci tangan, pemakaian masker, dan etika batuk dan bersin. Layanan tersebut diberikan di beberapa Stasiun, salah satunya di Stasiun Cirebon pada hari Kamis, 5 Maret 2020.

WhatsApp Image 2020-03-05 at 15.31.16 (1)
Konsultasi kesehatan di klinik umum Rail Clinic. (Foto: Dian)

Ada empat gerbong dalam satu rangkaian Rail Clinic. Di antaranya adalah tempat pengambilan obat, pemeriksaan mata, USG, Laboratorium, gigi, klinik umum, gerbong pertemuan atau sosialisasi dan perpustakaan dengan ratusan buku.

Wisnu mengimbau kepada penumpang yang dalam kondisi tidak fit agar tidak memaksakan naik kereta api. Selain itu ia juga berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur jika merasa tidak sehat, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh petugas.

“Demi efektivitas pencegahannya, KAI juga mengajak kepada pengguna KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit,” kata dia.

Sebelumnya, KAI telah melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di berbagai stasiun dan internal KAI pada Januari 2020, yakni saat awal beredarnya kabar virus corona. Sosialisasi tersebut berupa pemasangan spanduk, pembagian brosur, dan kampanye hidup sehat oleh petugas kepada penumpang.

“Upaya-upaya preventif penyebaran virus corona terus kami lakukan baik di atas kereta maupun stasiun. Kami juga mengajak pengguna KA untuk sama-sama proaktif mencegah penyebaran virus corona,” kata dia.

 

 

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: