Walikota Cirebon Buka Layanan Tanggap Virus Corona di Cirebon

WhatsApp-Image-2020-03-05-at-13.43.26
Walikota Cirebon Nasrudin Azis memimpin rapat koordinasi dengan berbagai instansi dan lembaga terhadap penanganan dan pencegahan Virus Corona di Balai Kota Cirebon, hari Kamis (5/3). (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia) CIREBON – Virus Corona saat ini memang menjadi perbincangan hangat sejak Presiden RI Joko Widodo mengumumkan ada dua warga negara Indonesia yang terkena virus mematikan tersebut. Menanggapi hal tersebut, Walikota Cirebon, Nasrudin Azis membuka layanan khusus untuk pelaporan dugaan korban virus corona di Cirebon.

“Jadi jika ada teman atau kerabat yang mempunyai gejala seperti batuk, demam, serta sesak napas, maka bisa langsung melapor ke kontak Crisis Center Covid-19,” ujar Azis di Balai Kota Cirebon, hari Kamis (5/3).

Kontak khusus tersebut adalah layanan 112 dan 119. Azis menjelaskan, layanan tersebut merupakan kontak yang selama ini telah tersedia di Kota Cirebon. Menurutnya, sudah banyak masyarakat Kota Cirebon yang ditangani dengan cepat ketika menghubungi kontak layanan itu.

Azis mengaku seluruh dokter dan tim medis di Kota Cirebon sudah disiagakan untuk mendukung layanan kontak darurat tersebut. Ia meminta masyarakat tenang dan tetap waspada menyikapi virus Corona

“Pemkot Cirebon sudah membuka kontak layanan tersebut, jadi silahkan melapor ketika merasa, mengetahui atau melihat gejala mirip Corona. Mudah-mudahan tetap aman dan warga Kota Cirebon tidak ada yang tertular,” kata dia.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat seperti olahraga dan makan sayur untuk meningkatkan sistem imun tubuh. “Yang utama jaga kesehatan. lakukan pola hidup sehat. Minum jamu, seperti temulawak,” ungkap Azis. Dengan pola hidup sehat, semua virus tidak akan bisa masuk ke dalam tubuh.

Dia juga menyerahkan kepada Dinas Kesehatan Kota Cirebon untuk melakukan sosialisasi terkait pola hidup sehat. Kemudian, Ketua RW dan RT yang ada di Kota Cirebon juga dilibatkan untuk menjadi pemantau dan pemerhati. Mereka bertugas untuk memantau dan memerhatikan jika ada warga lokal maupun pendatang, yang mengalami sakit mirip gejala terpapar virus corona. “Segera laporkan ke Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat,” kata Azis menegaskan. Selanjutnya pihak Puskesmas yang akan melakukan penanganan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edi Sugiarto menjelaskan petugas di Puskesmas akan memantau jika ada laporan warga yang mengalami gejala terpapar virus corona.

“Jika bertambah parah, maka naik ke level pengawasan dan harus dibawa ke rumah sakit. Setelah itu tindakan pengobatan akan dilakukan,” kata dia. Hingga kini, lanjut Edi, belum ada warga Kota Cirebon yang terpapar virus tersebut. (Humas Pemkot Cirebon Kota)

 

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: