Walikota Cirebon: Kita Perlu Tingkatkan Pengawasan Keuangan

Walikota Cirebon Nasrudin Azis dalam rapat paripurna DPRD Kota Cirebon, hari Senin (13/7). (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia), CIREBON – Walikota Cirebon Nasrudin Azis akan mengawasi ketat Sistem Pengawasan Internal (SPI) terhadap pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pengelolaan barang milik daerah. Dia juga menyatakan cukup puas dengan hasil audit laporan Badan Pemeriksa Keuangan RI Wajar Tanpa Pengecualian untuk Kota Cirebon.

“Penguatan SPI merupakan tantangan bagi Pemda Kota Cirebon untuk lebih akuntabilitas lagi dalam pengelolaan keuangan dan administrasi,” kata dia dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon, hari Senin (13/7).

Dia juga menuturkan pandemi ini berpengaruh terhadap kinerja dan tatanan kehidupan masyarakat. Namun, pihaknya akan terus berupaya melakukan edukasi, sosialisasi dan pengawasan terhadap kebijakan yang diambil untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang dikhawatirkan akan meningkat di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Dalam laporan tersebut, disebutkan realisasi pelaksanaan APBD Kota Cirebon pada 2019 untuk realisasi pendapatan mencapai Rp 1,54 triliun atau 92,34 persen dari target. Sedangkan realisasi belanja mencapai Rp 1,58 triliun atau 91,24 persen dari target. Adapun volume neraca tahun 2019 sebesar Rp 3,9 triliun, arus kas Pemda Kota Cirebon di tahun 2019 sebesar Rp 44,48 miliar.

“Dengan demikian saldo kas Pemda Kota Cirebon per 31 Desember 2019 sebesar Rp 44,48 miliar,” kata dia. (Humas Pemkot Cirebon)

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: