Smart City Dongkrak Pemkot Cirebon Raih Penghargaan Maturitas SPIP Level 3

Walikota Cirebon, Nasrudin Azis (kedua kanan), Kepala BPKP Jawa Barat, Mulyana (paling kanan), Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Dedi Mulyadi (paling kiri) dan Kepala Inspektorat Kota Cirebon (kedua kiri) saat melakukan serah terima penghargaan maturitas SPIP level 3 di Balaikota Cirebon, hari Jumat (28/8).

(Suara Gratia), CIREBON –  Pemerintah Daerah Kota Cirebon meraih penghargaan maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dengan skor 3.00. Program Smart City adalah salah satu aspek yang mendongkrak poin penilaian tersebut.

“Pemda Kota Cirebon berhasil melakukan akselerasi SPIP dari level 1 pada tahun 2019 dan pada 2020 sudah berhasil mencapai level 3,” kata Kepala BPKP Jawa Barat Mulyana AK di di Balaikota Cirebon, hari Jumat (28/8).

Dia menjelaskan ada 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat yang meraih penghargaan Maturitas SPIP Level 3. Dari 27 daerah, baru 18 daerah yang meraih penghargaan tersebut. Salah satunya adalah Pemda Kota Cirebon.

Salah satu pertimbangan dalam penilaian SPIP Pemda Kota Cirebon adalah deklarasi program Smart City yang telah dirancang dan diimplementasikan dengan baik. Selain itu, Mulyana juga menyorot perihal pengelolaan keuangan dan inventarisir aset tidak bergerak dan hak tagih pajak bumi dan bangunan (PBB).

Menanggapi hal tersebut, Walikota Cirebon Nasrudin Azis meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menata dan membina bagian progam di masing-masing SKPD, agar pelaksanaannya sesuai dengan aturan atau SPIP. Selain itu, dia juga berharap Sekda bisa bekerja sama dengan Inspektorat Kota Cirebon agar dalam pelaksanaannya bisa lebih terarah.

 “Penghargaan level 3 baru pada tahap desain program, maka kami ingin saat implementasi program juga mendapat nilai yang maksimal,” kata Walikota Cirebon Nasrudin Azis.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Inspektorat Kota Cirebon, Asep Dedi mengatakan peraihan penghargaan maturitas SPIP level tiga adalah prestasi yang membanggakan karena program atau kegiatan tiap SKPD mulai bahus dan sesuai koridor aturan. (Humas Pemkot Cirebon)

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: