Klaster Perjalanan Penyebab Penularan Covid-19 di Kota Cirebon

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto. (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia), CIREBON – Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengungkapkan klaster perjalanan mengambil peranan terbesar penyebaran virus corona di Kota Cirebon selain dari klaster rumah tangga dan perkantoran.

“Klaster perjalanan 34 persen dan rumah tangga 32 persen,” kata Edy usai mengikuti video conference rapat lanjutan penanganan Covid-19 di delapan provinsi, hari Selasa (15/9). Selain itu ada pula klaster perkantoran sebesar 21 persen, klaster fasilitas kesehatan (faskes) 11 persen dan klaster pasar tradisional sebesar 2 persen.

Pemda Kota Cirebon, masih berupaya untuk menekan penyebaran virus tersebut dengan melakukan serangkaian testing massal, penelusuran kontak (tracing), perawatan dan isolasi bagi yang terbukti positif Covid-19.

“Namun kami minta masyarakat juga tetap disiplin dengan menjalankan protokol kesehatan berupa 3M, mencuci tangan, menggunakan masker serta selalu berupaya menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” kata dia.

Jika petugas kesehatan dan masyarakat bekerja sama, Edy yakin penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon bisa ditekan. “Apalagi penyebaran Covid-19 saat ini semakin tinggi dan didominasi orang tanpa gejala (OTG),” ungkap Edy.

Edy mengatakan ada 50 persen penderita Covid-19 merupakan orang tanpa gejala (OTG), 35 persen memiliki gejala ringan ke sedang dan yang berat hanya 15 persen.

Orang tanpa gejala (OTG), lanjut Edy bisa melakukan isolasi mandiri jika kondisi tempat tinggalnya memang memungkinkan. Selama menjalani isolasi mandiri diminta untuk bisa menerapkan disipilin ketat, tidak menerima tamu, tidak bertemu dengan siapapun terlebih dahulu. (Humas Pemkot Cirebon)

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: