Mulai 1 Oktober 2020, Pemkot Cirebon Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis dan Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan monitoring protokol kesehatan di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Cirebon, hari Sabtu (26/9). (Foto: Humas Pemkot Cirebon)

(Suara Gratia), CIREBON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon akan menerapkan sanksi tegas bagi pelanggar protokol kesehatan mulai tanggal 1 Oktober 2020. Hal ini ditujukan juga bagi pengusaha.

“Saya beri waktu hingga 1 Oktober mendatang, jika pelanggaran protokol kesehatan tinggi, maka saya sendiri yang akan memimpin memberikan sanksi,” kata Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis saat meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Cirebon, hari Sabtu (26/9).

Pengelola usaha, lanjut dia, harus membantu Pemkot untuk melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin agar angka penambahan pasien yang terpapar Covid-19 bisa ditekan. Bila tak dipatuhi, bukan tak mungkin pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Cirebon akan diterapkan kembali.

Pihaknya memang masih belum menerapkan PSBB atau pembatasan operasional usaha karena pertimbangan ekonomi. Oleh karena itu, Azis meminta pengelola usaha di Kota Cirebon disiplin menaati protokol kesehatan. Bila tak ditaati oleh pengelola, bukan tak mungkin Azis sendiri yang akan turun tangan untuk menutup tempat usaha tersebut.

Skema Pembatasan Aktivitas

Beberapa waktu yang lalu, beredar informasi rancangan pembatasan aktivitas di luar rumah pada sejumlah grup Whatsapp. Informasi tersebut diamini oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon.

“Benar. Saya yang umumkan. Sudah dilaporkan kepada Sekda,” kata Kabid Pariwisata DKOKP Kota Cirebon Wandi Sofyan melalui pesan singkat.

Ada tiga poin dalam informasi tersebut, yakni pertama, pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk usaha dan perkantoran sampai pukul 20.00 WIB, kecuali medis, keamana, SPBU dan jasa akomodasi.

Kedua, pelaksanaan penghentian seluruh aktivitas di luar rumah mulai pukul 21.00 WIB. Ketiga, rencana pembatasan kegiatan tersebut mulai 1-30 Oktober 2020. Secara resmi, informasi tersebut akan diumumkan melalui surat edaran Wali Kota Cirebon. (Humas Pemkot Cirebon)

Diterbitkan oleh SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: