KAI Daop 3 Cirebon Buka Pemesanan Tiket Kereta Api Natal dan Tahun Baru

Calon penumpang mengantre masuk ke peron Stasiun Kejaksan Cirebon. (Foto: Humas PT KAI DAOP 3)

(Suara Gratia), CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 telah membuka pemesanan tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk Natal dan Tahun Baru 2021. Tiket tersebut sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id dan kanal perjalanan lainnya.

“Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” kata Manager Humas PT KAI Daop 3, Luqman Arif dalam keterangan resminya yang dikeluarkan hari Rabu (25/11).

Tiket-tiket yang dijual di antaranya adalah KA Argo Anggrek relasi Gambir-Surabaya-Pasarturi PP, KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir PP, KA Gajayana relasi Malang-Gambir PP, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasar Senen, dll.

“Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena KAI tetap mengoperasikan kereta api dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin,” kata dia.

Di masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA jarak jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menjaga jarak sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

Selain itu, pelanggan KA jarak jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat yaitu tidak flu, pilek, batuk, demam, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Pelanggan juga diharuskan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test. Di Daop 3 terdapat dua stasiun yang melayani layanan Rapid test seharga Rp 85.000, yaitu di Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Cirebon Prujakan.

Penyediaan layanan rapid test di Stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. “Jika dilakukan di Stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari antrean, terburu-buru dan resiko ketinggalan kereta,” pungkas Luqman. (Humas PT KAI Daop 3 Cirebon)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s