Perintah Presiden Ke Mendag:Harga Minyak Goreng Harus Tetap Terjangkau!

Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng di pasar domestik.

Hal itu dipinta Jokowi lantaran harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di pasar ekspor tengah melambung tinggi.

“Karena harga CPO di pasar ekpor sedang tinggi, saya perintahkan menteri perdagangan untuk menjamin stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri,” kata Jokowi dalam keterangannya, Senin (3/1/2022).

Jokowi meminta Kementerian Perdagangan memprioritaskan minyak goreng untuk kebutuhan domestik.

Untuk menjamin harga tetap terjangkau oleh masyarakat, Jokowi memerintahkan Mendag melakukan operasi pasar guna memantau harga minyak goreng di dalam negeri terkendali.

“Sekali lagi prioritas utama adalah kebutuhan rakyat. Harga minyak goreng harus tetap terjangkau. Jika perlu Menteri Perdagangan bisa melakukan operasi pasar lagi agar harga tetap terkendali,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi tengah melakukan beberapa langkah untuk menurunkan harga minyak goreng dalam negeri.

Ia mengakui, memang harga minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sudah terlampau tinggi.

“Kementerian Perdagangan sudah memitigasi dengan cara memastikan adanya 11 juta liter dalam kemasan sederhana minyak goreng, yang dijual di 14 ribu Rupiah. Yang kedua, kalau harganya masih tetap tinggi, kita mencoba mensubsidi melalui BPDP PKS, Kelapa Sawit,” ujar Lutfi dalam Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021 Oleh Menteri Perdagangan, Selasa (21/12/2021).

Muhammad Lutfi merekomendasikan agar penggunaan dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS) dialihkan untuk menyubsidi harga minyak goreng.

SUMBER : @kbr.id

Selengkapnya di KBR.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s