Pemerintah Terpaksa Larang Ekspor Batubara Demi Penuhi Pasokan Listrik Dalam Negeri

Reposted from @radiosuaragratiafm Pemerintah Indonesia melarang sementara ekspor batu bara mulai 1 hingga 31 Januari 2022.Larangan itu bertujuan menjamin ketersediaan pasokan batubara untuk pembangkit listrik dalam negeri.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah terpaksa melarang ekspor batubara bulan ini untuk memenuhi pasokan kelistrikan dalam negeri.

Menurutnya Indonesia, akan menghadapi ancaman pemadaman listrik, jika pasokan batu bara tidak diamankan.

Sri Mulyani Indrawati menjelaskan kebijakan larangan ekspor batubara ini menjadi kebijakan yang memberikan dampak paling minimal pada perekonomian nasional. Apalagi sebelumnya, kebijakan yang mewajibkan perusahaan tambang memenuhi pasokan dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO) tidak berjalan sesuai ekspektasi pemerintah.

Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin mengatakan kebijakan larangan ekspor ditujukan bagi pemegang Izin Usaha Pertambangan IUP tahap kegiatan operasi produksi dan operasi kontrak. Kata Ridwan, jika ekspor batubara tidak dilarang, maka dapat menyebabkan pemadaman terhadap 20 PLTU batubara yang memiliki daya 10 ribu megawatt. Sekitar 10 juta pelanggan PLN termasuk industri akan terdampak.

Sementara Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta, dalam keterangan tertulisnya menyebut, Presiden Joko Widodo minta agar pasokan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri diutamakan, sesuai dengan amanah UUD 1945.

Febry juga mengingatkan, agar perusahaan tambang tidak melanggar aturan DMO, karena pemerintah akan memberikan sanksi bagi pengusaha yang tidak bisa bekerja sama dengan pemerintah.

Namun Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menyebut kebijakan larangan ekspor batubara itu merugikan pelaku usaha

Menurut Direktur APBI, Hendra Sinadia, salah satunya dipertanyakannya kredibilitas Indonesia sebagai eksportir batubara.

SUMBER : INSTAGRAM @kbr.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s