MENYENANGKAN ORANG LAIN ( 2 )

Persetujuan orang lain adalah sesuatu yang kita semua nikmati, tetapi Anda tidak membutuhkannya untuk memiliki harga diri. Bahkan, menyenangkan orang akan membuat Anda kehilangan harga diri. Anda mengubah diri Anda untuk orang lain dan tepat ketika Anda berpikir Anda telah berhasil, mereka berubah pikiran. Selain merampas ketenangan pikiran Anda, kesenangan orang membuat Anda tidak mungkin mengikuti arahan Tuhan—dan itu pada akhirnya adalah kerugian terbesar Anda.

Jika Anda adalah orang yang menyenangkan, mengubah kebiasaan seumur hidup tidak akan mudah. Anda harus menghadapi apa yang Anda takuti dan meminta keberanian kepada Tuhan untuk menindaklanjutinya. Daud berkata, ‘Kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku.’ Dalam hal menyenangkan orang, Anda harus memahami dua hal:
(1) Memutus siklus berarti mempertaruhkan penolakan dengan mengatakan tidak ketika orang lain berharap untuk mendengar ya. Ketika orang-orang dalam hidup Anda terbiasa dengan tanggapan yang lemah lembut dan patuh, mereka akan bereaksi negatif sampai mereka terbiasa ‘Anda yang baru’. Menjalani hal ini akan menakutkan pada awalnya, tetapi apakah itu benar-benar lebih buruk daripada menjalani hidup Anda dalam ketakutan akan reaksi orang lain?

(2) Anda mungkin harus menjelaskan kepada orang lain bahwa di masa lalu Anda meminta persetujuan mereka karena Anda merasa tidak aman, tapi itu tidak lagi terjadi. Yang penting adalah bertindak sekarang! Melanggar kebiasaan apa pun melibatkan ketidaknyamanan sementara, tetapi satu-satunya pilihan Anda yang lain adalah menghabiskan hidup Anda dengan perasaan terjebak. Anda dapat memilih untuk menderita jangka pendek dalam perjalanan menuju kebebasan, atau jangka panjang dengan terus terlibat dalam perjuangan untuk menyenangkan orang lain.
Hari ini, buatlah pilihan yang tepat.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Senin, 02 Mei 2022

Ayat Alkitab Harian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s