TUMBUHKAN KESADARAN AKAN KEHADIRAN TUHAN

Yakub menjalani kehidupan di jalur cepat melakukan transaksi bisnis dan menghasilkan banyak uang, tidak seperti Daud yang berada di jalur lambat menggembalakan sekawanan domba di padang rumputnya. Tetapi perhatikan apa yang mereka masing- masing katakan tentang Tuhan. ‘Ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia: “Sesungguhnya TUHAN ada di tempat ini, dan aku tidak mengetahuinya.’ Di sisi lain, Daud berkata: ‘Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram.’ (Maz 16:7–9)

Perhatikan perbedaannya? Yakub begitu sibuk sehingga dia gagal mengenali suara Tuhan atau menumbuhkan kesadaran akan kehadiran-Nya. Tapi Daud berkata, ‘Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.’ Kata-kata itu mungkin adalah definisi apling sederhana dan terbaik dari kehidupan spiritual.

Alkitab berkata, ‘Kita memiliki pikiran Kristus.’ (1 Kor 2:16) Anda berkata, ‘Apa artinya itu bagi saya?’ Ini berarti bahwa Kristus yang berdiam di dalam dapat berpikir Pikiran- Nya melalui Anda. Bukankah itu luar biasa? Ketika Anda memiliki perasaan kepastian, atau rasa bimbingan, atau Anda merasakan keinsafan akan dosa, itu berarti Tuhan hadir bersama Anda. Maka perhatikan dan hormati hadirat-Nya dengan menanggapi-Nya. Mungkin Anda selalu bertanya-tanya apa artinya ‘berjalan dengan Tuhan’. Sekarang Anda tahu.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Sabtu, 14 Mei 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s