TERIMA TANGGUNG JAWAB ATAS HIDUP ANDA

Jika Anda ingin berjalan dalam berkat Tuhan, berhentilah membuat alasan dan bertanggung jawablah atas hidup Anda. Alkitab berkata, ‘Siapa bijak hati, memperhatikan perintah- perintah, tetapi siapa bodoh bicaranya, akan jatuh.’ Kemampuan untuk menerima tanggung jawab adalah tanda pasti dari karakter dan kedewasaan. Lebih penting lagi, Tuhan tidak dapat memulihkan Anda sampai Anda mengakui dan berbalik dari dosa Anda. Tidak ada satupun dalam Kitab Suci Allah memaafkan dosa kita karena perilaku orang lain. Alkitab mengatakan Dia akan ‘membalas semua orang sesuai dengan tindakan mereka.’ (Ams 24:12)

Sementara Anda terus menyalahkan orang lain, Anda tidak pernah mencapai tanggung jawab yang jujur—tempat transformasi yang sesungguhnya dimulai! Pada akhirnya menyalahkan orang lain dan mencoba mempermalukan mereka adalah permainan yang hanya membuang-buang waktu. Itu mungkin membuat orang lain merasa bersalah tetapi itu tidak akan mengubah apa pun. Namun itu akan menjauhkan sorotan dari diri kita sendiri dan menyebabkan kita mengalami kemarahan dan frustrasi. Sampai kita menyalakan cahaya Yesus pada perilaku kita sendiri, kita tidak akan berhasil dalam perubahan yang langgeng di dalam diri kita.

Menyalahkan orang lain terlalu sering hanya merupakan cara untuk menghindari kebenaran tentang diri kita sendiri. Yesus berkata bahwa mengetahui kebenaran akan membebaskan Anda (lihat Yoh 8:32). Ini mungkin membuat Anda sangat tidak nyaman pada awalnya, tetapi itu adalah hal yang benar-benar akan membebaskan Anda. Dan bersembunyi darinya tidak membuatnya pergi. Bahkan, sampai Anda bersedia menghadapi kesalahan Anda, Anda akan terus mengalami masalah. Apakah itu benar- benar bagaimana Anda ingin hidup? Tidak? Jadi jujurlah kepada Tuhan, dan biarkan Dia membantu Anda memperbaiki hal-hal yang salah dalam hidup Anda.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Kamis, 19 Mei 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s