APA YANG AKAN MENJADI WARISAN ANDA? (2)

Apa yang Anda inginkan untuk menjadi warisan Anda? Dalam Walden, Henry David Thoreau pernah berkata bahwa dia khawatir ketika tiba saatnya untuk mati, dia akan menemukan bahwa dia tidak pernah sepenuhnya hidup. Ketika datang ke warisan Anda, berikut adalah dua hal yang perlu Anda ingat:
(1) Tidak ada yang akan peduli dengan warisan yang Anda tinggalkan seperti Anda. Jadi, berhati-hatilah saat Anda memutuskan warisan Anda; dengan cara itu, Anda sangat meningkatkan peluang membuat dampak pada generasi berikutnya.
(2) Jumlah bagaimana Anda menjalani hidup Anda setiap hari menjadi warisan Anda. Hitung setiap tindakan selama bertahun- tahun, dan Anda dapat melihat warisan Anda mulai terbentuk. Dalam Inspirasi dan Cita-cita, Grenville Kleiser menulis: ‘Hidupmu seperti sebuah buku. Halaman judul adalah nama Anda. Kata pengantar adalah pengantar Anda ke dunia. Halaman- halamannya adalah catatan harian tentang upaya, cobaan, kesenangan, keputusasaan, ambisi, dan pencapaian Anda… Hari demi hari pikiran dan tindakan Anda ditorehkan sebagai bukti keberhasilan atau kegagalan Anda… Jam demi jam catatan dibuat yang harus bertahan sepanjang masa. Suatu hari kata “Finis” [Akhir] harus ditulis. Maka katakanlah tentang buku Anda bahwa itu adalah catatan tujuan mulia, pelayanan yang murah hati, dan pekerjaan yang dilakukan dengan baik.’

Sebagian besar dari kita tidak bisa memilih kapan atau bagaimana kita akan mati, tetapi kita semua harus memutuskan bagaimana kita akan hidup. Dan itulah warisan yang kita tinggalkan untuk mereka yang mengikuti kita.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Sabtu, 21 Mei 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s