HARMONI DI RUMAH (PART 2)

Dikatakan, ‘Apel tidak pernah jatuh jauh dari pohonnya,’ dan Yakub membuktikannya. Menjelang akhir hidupnya ketika dia seharusnya bersiap untuk memberkati putranya Simeon dan Lewi, dia memberi tahu mereka, ‘Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras.’ (Kej 49:7) Tapi perilaku mereka seharusnya tidak mengejutkan. Faktanya, Yakub telah membentuk mereka dengan teladannya sendiri ketika dia menipu ayahnya (lihat Kej 27) dan ayah mertuanya (lihat Kej 30). Dan ibunya membantu mengatur penipuan. Pola perilaku diturunkan dari generasi ke generasi. Sikap dan tindakan Anda akan merusak anak-anak Anda atau memberkati mereka.

Firman Tuhan berkata, ‘Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.’ (Ams 22:6) Anak-anak Anda mewarisi lebih dari hanya penampilan Anda. Mereka berakhir dengan nilai-nilai yang Anda ajarkan dan disposisi emosional yang Anda tunjukkan. Jangan libatkan mereka dalam perselisihan perkawinan Anda.

Alkitab berkata, ‘Amarah menetap dalam dada orang bodoh’ (Pkh 7:9), dan anak-anak adalah sasaran empuk kemarahan yang salah arah. Bahkan ketika ledakan Anda tidak ditujukan pada mereka, mereka masih mengalami efeknya. Misalnya, bos Anda mendisiplinkan Anda di tempat kerja dan, karena Anda tidak dapat membalas, Anda pulang seperti beruang dengan sakit kepala dan menyerang keluarga Anda. Jangan berteriak dan menginjak! Jangan biarkan kemarahan Anda menjadi ledakan nuklir.

Raja Daud bersinar di depan pertempuran tetapi bergumul di dalam rumah. Mungkin itu sebabnya salah satu mazmur terakhir berbunyi seperti ini: ‘Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!’ (Maz 141:3)

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Jumat, 10 Juni 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s