BAGAIMANA MEMBANTU ORANG YANG TERLUKA

Apakah Anda mudah terluka? Apakah Anda menyakiti orang lain tanpa niat? Tiga hal penyebabnya:

(1) Kita berbicara dari rasa sakit kita sendiri. Penyair Jerman Hermann Hesse menulis: ‘Jika Anda membenci seseorang, Anda membenci sesuatu dalam dirinya yang merupakan bagian dari diri Anda. Apa yang bukan bagian dari diri kita tidak mengganggu kita.’ Ini membantu untuk mengingat bahwa orang sering menyerang dalam menanggapi apa yang terjadi di dalam diri mereka.

(2) Ketika kita terluka, kita menjadi sensitif. Katakanlah Anda mengabaikan serpihan di jari Anda, dan itu akan terinfeksi. Seseorang menepisnya, dan Anda berteriak kesakitan, ‘Kamu menyakiti saya!’ Namun, masalah sebenarnya adalah serpihan yang belum Anda selesaikan. Konselor yang menangani pasangan dalam krisis mengatakan bahwa secara emosional salah satu pasangan ‘muntah’, dan yang lainnya ‘membersihkan’. Biasanya yang paling sakit melakukan kerusakan paling banyak.

(3) Mengatasi luka kita membutuhkan waktu. Perbaikan cepat tidak akan berhasil. Hal paling baik yang dapat Anda lakukan ketika seseorang terluka adalah menunjukkan bahwa Anda peduli. Dan jika mereka mau, untuk membantu mereka mengatasi masalah mereka dan mengatasi rasa sakit. Hal baik bisa datang dari situasi buruk. Sebuah perusahaan pembersih yang bekerja di saluran pembuangan di bawah jalan kota menemukan 61 cincin berlian, banyak koin antik, dan peralatan perak. Itu adalah pekerjaan yang tidak menyenangkan—tetapi para pekerja diizinkan untuk menyimpan barang-barang berharga yang mereka temukan. Anda mungkin harus berurusan dengan beberapa hal yang cukup buruk tetapi, dalam prosesnya, Anda mungkin menemukan beberapa harta yang tidak Anda ketahui keberadaannya dan, setelah semua kerja keras Anda, berakhir dengan hubungan yang hebat.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Selasa, 05 Juli 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: