UPAH KEBAIKAN (1)

Suatu hari Abraham mengirim hambanya Eliezer untuk mencarikan istri bagi putranya Ishak. Berdiri di dekat sumur kota kecil, Eliezer pada dasarnya berdoa, ‘Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minum–dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu.’ Tiba-tiba Ribka muncul dan berkata, ‘Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air.’ (Kej 24:19)

Ribka tidak tahu bahwa Eliezer akan mengubah hidupnya. Dia tidak tahu bahwa tindakan kebaikannya akan membuka pintu bagi berkat yang besar. Dalam Perjanjian Lama adalah kebiasaan untuk menawarkan air kepada orang asing. Itu disebut hukum keramahan. Orang Ibrani mempercayai kata-kata: ‘Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.’ (Ibr 13:2)

Tapi siapa yang akan menawarkan unta yang haus air? Satu unta bisa minum 150 liter, dan Eliezer punya sepuluh. Itu proyek setengah hari! Ribka murah hati kepada orang asing, tidak mencari apa-apa selain kesenangan melayani. Apa yang tidak dia ketahui adalah, unta-unta ini akan membawanya kembali ke Ishak, menjadikannya pengantinnya, menghujaninya dengan kekayaan besar dan menempatkannya dalam garis keturunan Kristus.

Jadi, jika Anda ingin sukses, datanglah tepat waktu, tetap fokus, bekerja keras, dan jadilah pemecah masalah, bukan penyebab masalah. Hiduplah dengan Firman Kristus, ‘Berusaha lebih keras’ (lihat Mat 5:41). Kunci sukses dalam hidup adalah tidak hanya melakukan apa yang diharapkan, tetapi melakukan sedikit lebih banyak. Ya, unta itu bau dan jelek, tapi dari situasi buruk itu, datanglah hal terindah yang pernah terjadi pada Ribka.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi: Jumat, 29 Juli 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: