BERBICARA SECARA POSITIF (3)

Berbicara kepada diri sendiri secara positif bukanlah konsep baru; itu yang Alkitabiah. Paulus menulis, ‘semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.’ Berikut adalah tiga cara yang dapat Anda lakukan

(1) Hindari perbandingan. Masing-masing dari kita memiliki keahlian yang berbeda. Anda unik. Cara Anda melakukan sesuatu mungkin berbeda dari teknik orang lain, tetapi itu tidak membuatnya salah. Hampir selalu ada lebih dari satu cara untuk mencapai tujuan akhir yang sama. Perbandingan itu tidak bijaksana, tidak adil, dan mendorong hal-hal negatif. Kecuali Anda adalah juara dunia yang berkuasa, akan selalu ada seseorang yang lebih baik dari Anda dalam keterampilan tertentu. Lalu apa masalahnya?

(2) Tingkatkan harapan. Alkitab berkata, ‘ Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah diFirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” (Roma 4:18) Dan pemazmur berkata, ‘Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!’ (Maz 42:5) Ada kekuatan dalam kata ‘belum’. Ini secara ajaib dapat mengubah perspektif ‘Saya tidak bisa’ Anda, menjadi ‘Saya bisa dengan sedikit lebih banyak waktu’. Perbedaannya kecil tapi signifikan.

(3) Bertindak positif untuk benar-benar menjadi positif. Dalam Memenangkan Tantangan Stres Dr Nick Hall mengacu pada penelitian yang mengkonfirmasi bahwa sinyal ditransmisikan ke otak seseorang ketika mereka berperilaku dengan cara tertentu menghasilkan perubahan fisik dan mental yang serupa dengan yang disebabkan oleh respons emosional yang nyata. Dengan kata lain, memasang wajah bahagia benar-benar bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Cobalah!

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Jumat, 02 September 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: