JANGAN MENGKERDILKAN ANAK ANDA

Ayah, jika Anda berhasil mencari nafkah tetapi gagal mengajari anak-anak Anda bagaimana hidup ‘benar’, kesuksesan Anda akan kosong, dan Anda akan berakhir dengan penyesalan. Rata-rata anak menghabiskan enam sampai tujuh jam setiap hari di internet, atau menonton TV, atau berinteraksi dengan teman-teman mereka. Dan setiap menitnya menciptakan sistem nilai mereka dan membentuk mereka menjadi orang yang akan menjadi mereka. Jadi, hadirlah untuk mereka! Jika Anda harus berkorban secara materi untuk mengembangkannya secara spiritual, itu adalah pertukaran yang akan selalu Anda rasakan

Dorothy Lawe Nolte menulis kata-kata yang harus dibawa oleh setiap orang tua: ‘Jika seorang anak hidup dengan kritik, dia belajar untuk mengutuk. Jika seorang anak hidup dengan permusuhan, ia belajar berkelahi.
Jika seorang anak hidup dengan cemoohan, ia belajar menjadi pemalu. Jika seorang anak hidup dengan rasa malu, ia belajar untuk merasa bersalah. Tapi, jika seorang anak hidup dengan toleransi, dia belajar untuk bersabar. Jika seorang anak hidup dengan dorongan, dia belajar percaya diri. Jika seorang anak hidup dengan pujian, ia belajar menghargai. Jika seorang anak hidup dengan keadilan, dia belajar keadilan. Jika seorang anak hidup dengan rasa aman, ia belajar untuk memiliki iman. Jika seorang anak hidup dengan persetujuan, dia belajar menyukai dirinya sendiri. Jika seorang anak hidup dengan penerimaan dan persahabatan, dia belajar menemukan cinta di dunia.

Salomo, yang adalah seorang ayah, mengatakan ini: ‘Anakku, jika hatimu bijaksana, hatiku sendiri akan bersukacita!’

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Minggu, 04 September 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: