PEDULILAH UNTUK MENEGUR

‘Tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.’ Sayangnya, kita lebih suka diam dan menjadi populer daripada mengatakan kebenaran yang sulit dalam kehidupan orang lain. Henry Blackaby menulis: ‘Gereja bukanlah sekelompok individu yang kebetulan bertemu di tempat yang sama setiap minggu; itu adalah tubuh spiritual … keluarga yang penuh kasih. Jauh lebih mudah untuk menghibur dan mendorong daripada memperingatkan atau menasihati, tetapi keduanya diperlukan.

Ef 4:15 memberitahu kita untuk mengatakan kebenaran dalam kasih sehingga seluruh tubuh dapat “bertumbuh dalam segala hal”. Jika kita tidak meluangkan waktu untuk menasihati, mendorong, memperingatkan, menghibur, menegakkan dan bersabar… kita [semua] menderita pada akhirnya. Tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik ketika satu bagian sakit atau berkinerja buruk. Dan gereja menderita ketika salah satu anggotanya nakal, lemah hati, lemah, atau jatuh ke dalam doktrin yang buruk. Membiarkan bagian tubuh bernanah, atau tidak mengobati bagian yang terluka, dapat menyebabkan kerusakan permanen… membiarkan masalah serius tidak ditangani akan merugikan anggota yang bersangkutan.’

Sebagai orang tua, kita terlalu mencintai anak-anak kita untuk membiarkan perilaku buruk tidak dikoreksi. Di jalan yang kita tahu itu akan berdampak negatif terhadap sikap mereka terhadap otoritas, hubungan, akuntabilitas dan disiplin pribadi. Kita harus cukup peduli untuk mengoreksi dan membimbing mereka. Paulus berkata, ‘Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.’ (Gal 6:1) Kebenaran adalah satu-satunya tempat yang aman untuk berdiri, dan tujuan Anda harus mengatakannya dalam kasih.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Jumat, 09 September 2022

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: