TERAPKAN PENGENDALIAN DIRI

Paulus menulis: ‘Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus. Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.’ (Roma 6:11-13) Jika Anda membiarkannya, tubuh Anda akan menyesatkanAnda. Bukannya itu jahat, tetapi ia memiliki selera tertentu yang selalu siap untuk merespons rangsangan di sekitarnya, yang semuanya sangat menarik dan memuaskan untuk sementara.

Chuck Swindoll menulis: ‘Hidup di bumi benar- benar tidak lebih dari serangkaian momen… Dan saya tidak ingin kesaksian saya tentang Yesus Kristus dihancurkan oleh satu momen pun dari memanjakan daging saya. Saya tidak ingin satu momen kemarahan atau kesombongan atau nafsu membayangi seumur hidup berjalan dengan Tuhanku. Terus terang, saya takut kemungkinan itu. Dan tahukah Anda apa? Saya ingin takut akan kemungkinan itu. Ketika saya berhenti takut— saya dalam bahaya besar.’

Jadi bagaimana Anda menangani selera duniawi Anda? Satu-satunya cara adalah menjadikan Firman Tuhan sebagai pedoman perilaku Anda dan menolak untuk berkompromi. Dan jika Anda membutuhkan panutan, Anda tidak akan menemukan yang lebih baik dari Yesus. Dia berkata, ‘Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.’ (Mat 16:24) Setiap hari, carilah kesempatan untuk menyangkal diri di beberapa area kecil. Anda akan terkejut betapa sulitnya itu! Tapi hasilnya akan datang kemudian ketika Anda perlu menyangkal diri Anda dalam area besar kehidupan yang memiliki lebih banyak hal di atasnya.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Kamis, 15 September 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: