BIARKAN KASIH TUHAN HILANGKAN KETAKUTAN ANDA

Ilmu pengetahuan modern menegaskan kebenaran Kitab Suci: ‘Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.’ Cinta dan ketakutan tidak sejalan; mereka tidak bisa hidup berdampingan. Anak memiliki beberapa kebutuhan dasar. Dua yang penting adalah:
(1) Kebutuhan untuk mengeksplorasi. Begitulah cara mereka belajar, tumbuh dan berkembang.
(2) Kebutuhan untuk merasa aman. Jika mereka tidak merasa aman, mereka tidak akan menjelajah. Setiap manusia membutuhkan basis yang aman untuk menyelidiki dan tumbuh.

Penelitian menegaskan bahwa, secara umum, satu orang tua lebih dari yang lain akan mendorong anak untuk mengambil risiko, mengambil risiko dan belajar bahwa sedikit bahaya adalah hal yang baik, sementara orang tua lainnya cenderung menjadi penghibur, yang menenangkan, sebagai jaring pengaman. Tetapi kenyataannya adalah setiap orang tua dapat memberi anak mereka hadiah. Saat kita takut, tubuh kita mengaktifkan sistem saraf simpatiknya. Jantung kita berpacu, napas kita menjadi lebih cepat dan lebih dangkal dan otot-otot kita menegang. Jadi kita berlari ke kehadiran kita yang tidak cemas: penghibur, pelindung, dan orang tua kita. Dan saat kita dipeluk, diyakinkan dan dicintai, sistem parasimpatis mengambil alih. Detak jantung kita melambat, pernapasan kita menjadi dalam dan merata, otot-otot kita rileks dan darah mengalir kembali ke otak kita. Intinya, sebuah suara kecil di dalam diri kita berkata, ‘Saya bisa keluar dan menghadapi dunia lagi.’

Adalah fakta di alam fisik bahwa ‘kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.’ Dan itu juga benar di alam spiritual. Dengan Tuhan yang cukup lembut untuk mencintai dan menghibur kita, namun cukup kuat untuk menjadi batu karang dan benteng kita, kita dapat menghadapi apa yang dilemparkan kehidupan kepada kita dan sebagai hasilnya, kita tumbuh lebih kuat.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Kamis, 22 September 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: