ATASI AKAR MASALAH ANDA

Apakah orang tua Anda gagal membuat Anda merasa dicintai? Apakah pasangan Anda meninggalkan Anda? Apakah Anda dilecehkan

Ini adalah pengalaman yang menyakitkan. Dan mengenali sumber itu semua sangat penting, terutama ketika itu adalah akar penolakan. Anda dapat menggunakan semua jenis taktik dari menyenangkan orang hingga bersembunyi dalam pekerjaan Anda untuk membuat diri Anda merasa lebih baik, tetapi tanpa sistem akar harga diri yang sehat, tidak ada yang berhasil.

Akar yang cacat menghasilkan buah yang cacat: perasaan rendah diri, tidak berharga, kemarahan, ketidakmampuan untuk percaya, dan ketakutan akan keintiman. Bagaimana Anda mengubah buah itu? Dengan mengatasi akar masalahnya. Bagaimana Anda melakukannya? ‘Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.’ (Ef 3:16–17) Jaminan kasih Tuhan dapat menyembuhkan emosi Anda—dan Dia tidak hanya ‘menanam kembali’ Anda, Dia ‘kembali menjadi orang tua’ Anda. Itu berarti Anda tidak lagi harus menarik keamanan dan harga diri Anda dari keluarga asal Anda, karena: ‘Sekarang kita adalah anak-anak Allah.’ (1 Yoh 3:2) Tapi ingat, ini adalah proses. Akar yang kuat membutuhkan tiga hal:
(1) Waktunya untuk bertumbuh. Menjadi percaya diri dengan identitas Anda sebagai anak Tuhan seperti membuka sepatu baru. Anda harus berjalan di dalamnya sampai mereka menjadi nyaman.
(2) Perlindungan dari hal-hal yang dapat membunuh. Kelilingi dirimu dengan orang- orang yang membangunmu daripada menghancurkanmu; orang-orang ‘yang memiliki iman yang sama berharganya’ (lihat 2 Pet 1:1).
(3) Makanan rohani. Belajar berdoa dan memberi makan diri sendiri secara teratur dari Firman Tuhan (lihat Ayub 23:12).

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Minggu, 25 September 2022

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: