KENALI KAPAN BIJAKNYA BERKOMPROMI

Paulus tidak mau mengalah pada kebenaran Alkitab, tetapi ketika menyangkut kebiasaan, tradisi, dan preferensi orang, dia menolak untuk berdebat tentang hal itu. Misalnya, beberapa orang Kristen di Korintus berpikir karena daging tertentu dipersembahkan untuk menyembah berhala, maka memakannya adalah dosa. Jadi, apakah Paulus menanganinya dengan berdiri dan menyatakan, ‘Saya tidak akan membiarkan Anda memaksakan keyakinan Anda yang tidak berdasarkan Alkitab’?
Tidak.
Dia menulis: ‘Tetapi bukan semua orang yang mempunyai pengetahuan itu. Ada orang, yang karena masih terus terikat pada berhala-berhala, makan daging itu sebagai daging persembahan berhala. Dan oleh karena hati nurani mereka lemah, hati nurani mereka itu dinodai olehnya. “Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan.” Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.’ (1 Kor 8:7–9) Kemudian dia menjelaskannya dengan mengatakan, ‘Bagi orang-orang yang lemah aku menjadi seperti orang yang lemah, supaya aku dapat menyelamatkan mereka yang lemah. Bagi semua orang aku telah menjadi segala- galanya, supaya aku sedapat mungkin memenangkan beberapa orang dari antara mereka.’ (1 Kor 9:22)

Tuhan tidak memanggil kita untuk memenangkan argumen teologis; Dia memanggil kita untuk memenangkan orang bagi Kristus. Jadi bersikaplah ramah terhadap mereka yang tidak berpikir seperti Anda, berpakaian seperti Anda, atau peduli dengan beberapa hal yang Anda pedulikan. Bersikaplah ramah terhadap mereka yang gaya ibadah dan pokok-pokok teologinya berbeda dari Anda. ‘Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.’ (Ef 4:2–3)

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Selasa, 27 September 2022

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: