JADIKAN KATA-KATA ANDA BERARTI

Ketika Salomo berbicara tentang ‘air yang dalam’, dia mengacu pada air di dekat dasar sumur yang paling bersih dan paling baik. Jika Anda ingin tahu jenis air apa yang dimiliki sumur, turunlah ke bawah. Dan jika Anda ingin mengetahui isi hati seseorang, dengarkan kata-katanya.

Seorang petani tua mengatakan begini: ‘Apa yang ada di dalam sumur selalu muncul di ember!’ Salah satu tanda paling pasti dari kebijaksanaan dan kedewasaan adalah kemampuan untuk mengatakan hal yang benar, dengan cara yang benar, pada waktu yang tepat, kepada orang yang tepat—atau tidak mengatakan apa-apa. Memang, saat Anda menjadi lebih bijaksana, Anda akan berbicara lebih sedikit dan mendengarkan lebih banyak. Ketika seseorang ditangkap, polisi diharuskan membaca peringatan resmi sebelum menanyai mereka, memberi tahu mereka tentang hak mereka untuk tetap diam: ‘Anda tidak perlu mengatakan apa- apa … Apa pun yang Anda katakan dapat diberikan sebagai bukti.’ Jadi kecuali Anda kata-kata dimaksudkan untuk membangun seseorang daripada meruntuhkannya, diam adalah ‘hak’ yang harus Anda latih setiap hari. Terkadang pilihan paling bijaksana adalah tidak mengungkapkan pikiran Anda dengan keras.

Dikatakan, ‘Orang bijak adalah seseorang yang berpikir dua kali sebelum mengatakan apa-apa.’ Sekali lagi, Salomo mengatakan: ‘Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya, orang yang berpengertian berkepala dingin. Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya.’ (Ams 17:27–28)

Jadi, lebih baik tutup mulut Anda ketika Roh Kudus meminta Anda untuk melakukannya. Diam bisa disalahpahami tetapi tidak pernah bisa salah dikutip.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Rabu, 02 Nopember 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: