MITOS TENTANG MENGASUH ANAK (2)

Dalam bukunya Why Johnny Can’t Tell Right from Wrong, William Kilpatrick mengidentifikasi lagi dua mitos mebesarkan anak yang membuat orang tua keliru:
(1) Mitos bahwa semua masalah moral bersifat psikologis. Dalam pandangan ini, masalah perilaku dilihat sebagai masalah yang berkaitan dengan harga diri atau kebutuhan psikologis yang tidak terpenuhi. Gagasan kuno bahwa masalah perilaku dapat menjadi hasil dari ‘kesengajaan’ di pihak anak-anak tampaknya tidak terjadi pada rata-rata ahli membesarkan anak. Jika Anda melihat indeks buku pengasuhan anak yang khas, Anda akan menemukan banyak sekali halaman yang dikhususkan untuk ‘harga diri’, tetapi Anda tidak akan sering menemukan kata ‘karakter’.

(2) Mitos bahwa orang tua tidak memiliki hak untuk menanamkan nilai-nilai mereka pada anak-anak mereka. Sekali lagi, ajaran standar adalah bahwa anak-anak harus menciptakan nilai-nilai mereka sendiri. Tetapi anak-anak memiliki sedikit kesempatan berharga untuk melakukan itu, karena budaya lainnya tidak memiliki keraguan untuk memaksakan nilai-nilainya pada mereka. Apakah masuk akal bagi orang tua untuk tetap menjadi pengamat yang netral ketika semua orang mulai dari penulis film hingga penghibur, dan pengiklan hingga pendidik seks, bersikeras untuk mengajarkan nilai-nilai mereka kepada anak-anak kita?

Ketika berbicara tentang membesarkan anak, inilah yang Tuhan katakan kepada umat-Nya: ‘Tetapi waspadalah dan berhati- hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu.’ Orang tua, ketika memberikan nilai-nilai spiritual kepada anak- anak Anda, tanyakan pada diri Anda: jika bukan Anda, lalu siapa? Jika tidak sekarang, lalu kapan?

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Sabtu, 05 Nopember 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: