KENAPA KITA BISA MENGIGAU?

Pernah ngomong sendiri saat tidur? Itulah yang dinamakan mengigau. Bagaimana sih prosesnya?

Mengigau disebut juga somniloquy. Hal ini terjadi karena adanya gangguan tahap tidur yang bernama rapid eye movement (REM). Pada tahap ini biasanya manusia akan memasuki alam mimpi.

Sesuai dengan namanya, mata manusia akan bergerak dengan cepat dalam keadaan tertutup. Selain itu, jantung dan tekanan darah bergerak dengan cepat. Namun, jika kondisi tidurmu tidak baik, seseorang bisa berperilaku abnormal yang disebut mengigau.

Faktor penyebabnya bisa jadi karena stres, obat, atau alkohol. Ketika kamu stres, otak pun tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidurmu terganggu. Begitu juga dengan obat-obatan dan minuman beralkohol. Efek sampingnya dapat memengaruhi siklus tidur manusia.

Perlu diingat, mengigau bisa berdampak pada kebugaran tubuhmu saat bangun tidur. Dengan kata lain, kamu tidak menikmati waktu istirahatmu sepenuhnya. Jadi pastikan pola tidurmu yang sehat ya.

Pun yang suka mengigau kadang mengganggu ya. Tapi, ga sedikit ada kejadian lucu karena mengigau. Apakah kamu pernah mengalaminya? Yuk, share di kolom komentar ceritamu!️

Sumber: kumparan.com, hellosehat.com

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: