Ekonomi Indonesia Kuartal III-2022 Tumbuh Persisten dan Semakin Menguat

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia Triwulan III-2022 jika dibandingkan dengan Triwulan III-2021 (year-on-year) berhasil tumbuh sebesar 5,72 persen,” ujar Kepala BPS, Margo Yuwono @margo_yuwono saat mengumumkan Press Release BPS hari ini secara daring (7/11).

Lebih lanjut Margo menjelaskan bahwa tren pertumbuhan ekonomi tahunan ini, sejak Triwulan IV-2021 tumbuh secara persisten di atas 5 persen. Hal ini menandakan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut dan semakin menguat.

“Ini merupakan capaian atau prestasi dari seluruh masyarakat Indonesia di tengah terpaan kondisi ekonomi global yang tidak menentu, kita masih bisa menjaga pertumbuhan ekonomi kita dan bahkan trennya menguat,” jelas Margo.

Lebih lanjut Margo menyampaikan, secara year-on-year, lapangan usaha yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah Industri Pengolahan (17,88 persen), diikuti Pertambangan (13,47 persen). Sedangkan dari sisi pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga dan PMTB menjadi sumber pertumbuhan terbesar, yaitu masing-masing sebesar 50,38 persen dan 28,55 persen.

Secara q-to-q, ekonomi Indonesia pada Triwulan III-2022 jika dibandingkan triwulan II-2022 tumbuh melambat sebesar 1,81 persen, yang menunjukkan pola musiman. Sementara secara kumulatif (c-to-c), pertumbuhan ekonomi Indonesia dari triwulan I hingga triwulan III tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 tumbuh sebesar 5,4 persen.

Hari ini BPS juga merilis indikator lain, yaitu keadaan ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022. Sahabat Data bisa mengunduh Berita Resmi Statistik selengkapnya di website bps.go.id atau aplikasi AllStats BPS.

Foto oleh BPS Provinsi Jawa Timur @bpsjatim

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: