JAUHI FOKUS DIRI YANG TIDAK SEHAT (1)

Fokus pada diri sendiri tidak selalu buruk jika mengarah pada pertumbuhan spiritual. Namun, beberapa orang secara keliru menganggap bahwa itu adalah mandat Alkitab! Lagipula, bukankah Tuhan menyuruh kita untuk ‘menguji diri kita sendiri’? Jadi dengan mengingat hal itu kita mulai bertanya- tanya—’Apakah saya memenuhi syarat secara rohani? Apakah saya sudah benar- benar bertobat? Apakah saya cukup berdoa? Apakah Tuhan senang dengan saya?’ Sebenarnya, berfokus pada diri sendiri dapat membuat Anda merasa putus asa dan kalah.

Mari kita periksa dan lihat apa yang sebenarnya Tuhan katakan. Hanya ada dua penyebutan pemeriksaan diri dalam Kitab Suci, dan tidak ada yang mengajarkan kita untuk memanjakan diri dalam fokus diri. Pertama, Paulus menantang jemaat Korintus tentang menoleransi dosa yang mengerikan di gereja mereka. Seorang pria berselingkuh dengan ibu tirinya dan tidak ada yang merasa terganggu olehnya. Dan karena mereka telah ‘belum lagi bertobat dari kecemaran, percabulan dan ketidaksopanan yang mereka lakukan.’ (2 Kor 12:21), Paulus menulis, ‘Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman.’

Ini bukan undangan untuk fokus pada diri sendiri, tetapi pemeriksaan spiritual. ‘Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman.’ Kedua, Paulus mengoreksi perilaku jemaat Korintus selama Perjamuan Tuhan. Karena beberapa orang mabuk karena anggur persekutuan, dia berkata, ‘Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.’ (1 Kor 11:28) Paulus tidak menyarankan Anda untuk fokus pada kekurangan Anda, tetapi pada kebenaran yang membebaskan bahwa Yesus membayar harga untuk semua dosa Anda—masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Alkitab mengatakan untuk mengarahkan ‘mata kita kepada Yesus, pelopor dan penyempurna iman.’ (Ibr 12:2) Pertumbuhan, sukacita, dan kemenangan terletak pada meninggalkan fokus diri yang tidak sehat dan tetap fokus pada Kristus!

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : RAbu, 23 November 2022

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: