APAKAH ANDA SENDIRIAN DI NATAL INI?

Ketika Anda sendirian di Natal ini, pemandangan dan suara yang seharusnya membawa kegembiraan dapat memperkuat rasa sedih dan kehilangan Anda. Tidak ada formula ajaib, cepat sembuh; memproses apa yang Anda lewatkan membutuhkan waktu dan kasih karunia Tuhan yang menopang. Tapi berikut adalah beberapa wawasan untuk membantu Anda:
(1) Jangan berasumsi. Jangan percaya pada mitos bahwa semua orang mengalami Natal yang sempurna saat Anda berjuang. Sebenarnya, kita semua mengalami tuntutan dan tekanan yang tidak realistis untuk berbelanja, menghibur, dan memberi hadiah. Dan itu lebih buruk di saat sakit hati. Itu sebabnya kita sangat lega ketika ini berakhir.
(2) Ini hanya satu hari dari 365. Anda dapat menanganinya selama 24 jam karena Tuhan telah berjanji untuk memberi Anda ‘selama umurmu kiranya kekuatanmu.’ (Ul 33:25)
(3) Buang fokus kepada diri Anda sendiri.
Jangkaulah. Lihat apakah ada keluarga yang membutuhkan atau tetangga yang terluka yang akan menikmati menghabiskan satu jam dengan Anda. Ini mungkin akan menjadi hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi ini adalah terapi, memulihkan perspektif Anda dan membawa rasa sejahtera dan rasa syukur.
(4) Mulailah beberapa tradisi baru, terutama ketika yang lama hanya membuatmu merasa lebih buruk. ‘Melupakan hal-hal yang di belakang dan meraih hal-hal yang ada di depan.’ (Fil 3:13) Jika Anda merasa kesepian, inilah doa untuk Anda. ‘Tuhan, Engkau tahu hatiku sakit hari ini. Firman- Mu berkata Engkau dekat dengan orang yang patah hati. Biarkan aku merasakan kedekatan-Mu. Menjadi lebih nyata bagi saya daripada aktivitas di luar dan kekosongan di dalam. Bantu saya mendekat kepada-Mu, dan dengan demikian membuat Natal ini tidak seperti yang pernah saya kenal.’

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Sabtu, 24 Desember 2022

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: