RENUNGAN HARI INI, 29 DESEMBER 2022

JANGAN MENYEBARKAN KEPUTUSASAAN

Keputusasaan menyebabkan orang Israel meragukan janji Tuhan, melepaskan impian mereka, dan mati di padang gurun. Ironisnya, mereka hanya beberapa hari perjalanan dari Tanah Perjanjian! Bagaimana hal itu terjadi? Setelah menghabiskan 40 hari di Kanaan, negeri yang subur hingga dibutuhkan dua orang untuk membawa satu tandan buah anggur, sepuluh dari dua belas mata-mata kembali dan berkata, ‘… “Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita.” Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka…’ (Bil 13:31–32) Nah, apakah Anda ingin tahu bagaimana perasaan Tuhan tentang orang- orang yang menyebarkan keputusasaan seperti itu? ‘…orang-orang itu mati, kena tulah di hadapan TUHAN. Tetapi yang tinggal hidup dari orang-orang yang telah pergi mengintai negeri itu hanyalah Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune.’ (Bil 14:36–38)

Jadi bagaimana dengan Anda? Ketika Anda melihat orang lain menghadapi keadaan negatif, apakah Anda mengungkapkan keraguan tentang kemampuan mereka untuk berhasil? Bisakah Anda mendengarkan rencana seseorang tanpa membuat pernyataan yang mengecilkan hati? Bahkan jika Anda tidak dapat membayangkan impian mereka, setidaknya setuju untuk berdiri dalam iman bersama mereka agar kehendak Tuhan yang sempurna terjadi mengenai upaya yang diusulkan. Pikirkan semua orang yang telah mendorong Anda selama hidup Anda!

Di dunia yang dipenuhi dengan hal-hal negatif dan berita buruk, setiap orang membutuhkan sedikit dorongan dari waktu ke waktu. Jadi, berusahalah secara sadar untuk mengucapkan kata-kata penegasan, dukungan, dan inspirasi yang tulus kepada mereka yang berada dalam lingkaran pengaruh Anda. Dan ketika Anda menemukan seorang yang putus asa, jangan biarkan mereka menggelincirkan Anda. Ingatkan diri Anda dan mereka bahwa Tuhan ‘mampu melakukan jauh lebih banyak dari yang kita doakan atau pikirkan.’ (Ef 3:20) Karena Dia bisa!

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Kamis, 29 Desember 2022

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: