RENUNGAN HARI INI, SABTU 7 JANUARI 2023

TIMBANGKANLAH KATA-KATA ANDA DENGAN HATI-HATI

Ketika berbicara tentang lidah Anda, berikut adalah tiga aturan:
(1) Jangan bicara terlalu cepat. “Kita semua membuat banyak kesalahan. Karena jika kita bisa mengendalikan lidah kita, juga bisa mengendalikan diri kita sendiri dalam segala hal.’ Karena Anda tidak akan pernah bisa menyadari sepenuhnya semua kepekaan seseorang, Anda harus mengandalkan Roh Kudus untuk mengarahkan ucapan Anda dalam cara yang tidak mengingatkan rasa sakit mereka atau pengalaman buruk lainnya. Setiap orang memiliki tingkat kepekaan yang berbeda-beda, tergantung pengalaman masa lalunya. Termasuk anda juga. Jadi berlatihlah untuk tidak mudah tersinggung, dan berikan kesempatan kepada orang lain ketika seseorang mengatakan sesuatu yang dapat disalahartikan sebagai menyinggung.
(2) Jangan merespon terlalu cepat. ‘Menjawab sebelum mendengarkan—itu adalah kebodohan dan memalukan.’ (Amsal 18:13) Sebelum Anda berbicara, dengarkan baikbaik dan pastikan Anda memahami apa yang sebenarnya dikatakan. Dan jika Anda tidak mengerti—katakan sebagaimana mestinya. Keinginan Anda untuk ‘terlihat baik’ dapat menyebabkan Anda kehilangan rasa hormat di mata orang yang ingin Anda kagumi.
(3) Jangan berkomitmen terlalu cepat. tulis Solomon, ‘Janganlah terburu-buru dengan mulutmu, dan janganlah hatimu lekas-lekas mengeluarkan perkataan di hadapan Allah.’ (Pengkhotbah 5:2)

Kemudian dia melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana kita seharusnya tidak mencoba untuk keluar dari komitmen dengan mengatakan bahwa kita melakukan kesalahan. Kata-kata Anda adalah ikatan Anda, dan ketika Anda melanggar janji, Anda menyakiti orang dan kehilangan kepercayaan mereka. Jadi berhentilah sebelum Anda berbicara, dan jika perlu, luangkan waktu untuk berdoa. Waktu dan kata-katamu adalah dua hal yang tidak akan pernah bisa ditarik kembali, jadi pertimbangkan baik-baik apa yang anda katakan.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini 2023
Edisi : Sabtu, 07 Januari 2023

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: