RENUNGAN HARI INI, MINGGU 15 JANUARI 2023

BERSIKAPLAH LEMBUT (1)

Kata Yunani untuk kelembutan berarti kendali’. menggambarkan seekor kuda liar yang telah dijinakkan. Bukan berarti lemah dan cengeng. Hanya dua orang dalam Alkitab yang disebut lembut—Musa dan Yesus—keduanya kuat. Kelembutan menahan reaksi Anda. Hal tersebut membuat anda memilih menanggapi kepada orang lain daripada hanya bereaksi terhadap mereka. Mari kita lihat apa artinya menjadi lembut.

Ketika seseorang melayani Anda, bersikaplah bijaksana dan tidak menuntut. Paulus menulis, ‘Janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.’ (Filipi 2:4) Bagaimana Anda memperlakukan pelayan toko, sopir taksi, karyawan, petugas polisi, dan orang lain yang melayani Anda? Apakah Anda kasar dan sulit? Apakah Anda adalah orang yang menjaga jarak dan seolah-olah mereka hanya ‘bagian dari mesin’? Apakah Anda menyadari bahwa mereka juga mungkin mengalami hari yang sulit, atau apakah Anda hanya memikirkan diri sendiri?

Cara pertama Anda mengembangkan kelembutan adalah mencoba memahami mereka yang melayani Anda. Dan tempat pertama dimana Anda harus bersikap lembut adalah di rumah. Alkitab memberitahu istri untuk menghiasi diri mereka sendiri dengan ‘roh yang lemah lembut.’ (1 Petrus 3:4) Petrus hanya mengatakan bahwa kelembutan bisa lebih menarik daripada pakaian atau perhiasan apa pun yang Anda pilih untuk dikenakan. Untuk para suami, katanya, ‘Hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah!’ (1 Petrus 3:7) Jika Anda biasanya tidak peka dan sombong, Anda harus berusaha keras dalam hal ini. Alkitab mengatakan Anda harus ada pengertian, tidak menuntut, terhadap orang-orang yang melayani anda dan orang-orang yang tinggal bersama Anda.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Minggu, 15 Januari 2023
http://www.jappri.com/renungan

Iklan

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon Jawa Barat - Indonesia 0231.230816 0817222959 Nomer Rekening Pelayanan / Donasi BCA 314.079.9590 PT. Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: