APA ARTI SEBUAH NAMA? SEMUANYA! (2)

Ketika Israel diancam oleh tentara Amalek, Tuhan memberi mereka kemenangan yang gemilang. Menyadari bahwa Tuhan sedang berperang untuk mereka, Musa membangun sebuah mezbah untuk Yahweh-Nissi: Tuhan panjiku. Memerangi pertempuran kita sendiri bukanlah ide Tuhan. Alkitab berkata, ‘TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama- Nya.’ (Kel 15:3) ‘TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.’ (Kel 14:14) ‘Jangan takut atau putus asa… karena pertempuran ini bukan milikmu, tapi milik Tuhan.’

Sebagai manusia kita menjadi lelah dan putus asa karena kita terus berusaha untuk berjuang dengan kekuatan kita sendiri. Kita terlibat dalam siklus pertobatan, resolusi, perjuangan, kekalahan, keputusasaan, dan pertobatan yang tidak membuahkan hasil lagi. Satu-satunya konflik spiritual yang pernah berhasil dimenangkan adalah yang Tuhan perjuangkan untuk kita. Dia tidak mengharapkan kita untuk memenangkan pertempuran tetapi membiarkan Dia memenangkannya atas nama kita. “Tapi bukankah kita juga harus bertarung?” Anda bertanya. Ya, kita harus ‘Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar.’ (1 Tim 6:12)

Perjuangan kita bukanlah usaha pertempuran yang melelahkan, ini adalah pertempuran kepercayaan. ‘Tapi bukankah kita seharusnya bergulat seperti yang dilakukan Yakub?’ Pertama-tama, Yakub tidak menang dengan gulat, dia menang karena dianggap terlalu lemah untuk terus bergulat. Kedua, kemenangannya terletak pada penyerahan diri kepada Tuhan. Apakah Anda lelah dari pertempuran? Apakah Anda di ujung tali Anda? Maka Anda berada di tempat yang Tuhan inginkan! Lepaskan dan percayakan Yahweh-Nissi untuk menang untuk Anda, karena ‘pertempuran ini bukan milikmu, tapi milik Tuhan’!
Berdiri dan nyatakan bersama Paulus, ‘Ketika aku lemah, maka aku kuat.’ (2 Kor 12:10)

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Sabtu, 17 September 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: