KETERGANTUNGAN PERSETUJUAN

Anda dapat kecanduan banyak hal yang berbeda seperti alkohol, obat-obatan, seks, perjudian, dan bahkan makanan. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa kecanduan persetujuan? Ketika Musa memilih 70 pemimpin untuk membantu memerintah Israel, dia memberi tahu mereka, ‘Dalam mengadili jangan pandang bulu. Baik perkara orang kecil maupun perkara orang besar harus kamu dengarkan. Jangan gentar terhadap siapapun.’ (Ul 1:17) Itu nasihat yang seharusnya diambil Petrus. ‘Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.’ (Galatia 2:12)

Ketika identitas Anda terbungkus dalam penerimaan orang lain, Anda mengatur diri Anda untuk kecanduan persetujuan, karena rasa harga diri Anda selalu dipertaruhkan.

Seorang penulis Prancis terkemuka berkata, ‘Kita sangat terbiasa mengenakan penyamaran di depan orang lain, sehingga pada akhirnya kita tidak dapat mengenali diri kita sendiri.’ Bukan itu yang Tuhan inginkan untuk Anda jalani! Tidak ada persetujuan atau ketidaksetujuan yang dapat memengaruhi Anda—kecuali jika Anda memberinya kredibilitas. Yesus berbicara tanpa merasa perlu menciptakan kesan; oleh karena itu, Dia bebas untuk mengatakan kebenaran dalam kasih.

Seseorang dengan bijak menunjukkan, bahwa ketika kita muda, kita khawatir tentang apa yang orang pikirkan dan mencoba menyenangkan mereka. Ketika kita setengah baya, kita lelah berusaha menyenangkan semua orang. Dan seiring bertambahnya usia dan semakin bijaksana, kita menyadari, sebagian besar waktu, mereka bahkan tidak memikirkan kita sama sekali! Tebak apa? Ada kalanya menyenangkan Tuhan berarti Anda tidak akan bisa menyenangkan orang lain—dan Anda harus menerimanya!

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : sabtu, 04 Juni 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s