PENGAKUAN BAIK UNTUK JIWA

Guru sekolah minggu Ranai Carlton menulis: ‘Saya mencoba untuk mengajar anak- anak bahwa kita semua membutuhkan pengampunan Tuhan. Jadi, saya bertanya kepada seorang gadis, “Lisa, kapan saat Anda mungkin membutuhkan pengampunan Tuhan?” Tatapannya yang kosong memicu respons dari putra saya, “Tidak apa-apa, Lisa. Kamu tidak perlu memberitahunya.” Kemudian dia menoleh kepada saya dan berkata, “Kami tidak perlu memberi tahu Anda masalah kami. Ini bukan Pertunjukan Oprah Winfrey.”’ Memang benar Anda tidak harus memberi tahu orang lain tentang dosa Anda, tetapi Anda harus memberi tahu Tuhan. Untuk melakukan. Pengakuan dibutuhkan empat hal:

(1) Izinkan Anda mengalami pengampunan Tuhan. Tuhan sudah tahu dosa Anda, tapi Tuhan tidak bisa memaafkan Anda saat Anda mengalihkan kesalahan dan membuat alasan. ‘Jika kita mengaku… Tuhan akan mengampuni dosa kita.’ Langkah pertama terserah pada Anda.

(2) Ini memulihkan energi emosional dan fisik Anda. Tidak ada yang lebih menguras tenaga daripada penyangkalan, dan tidak ada yang lebih menyegarkan daripada awal yang baru dan bersih. Daud berkata, ‘Kekuatanku telah hilang karena kesalahanku.’ (Maz 31:10) Berkaca pada perselingkuhannya dengan Batsyeba, dia berkata, ‘Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu… sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat… Dosaku kuberitahukan kepada-Mu… dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku’ (Maz 32:3–5)

(3) Ini memungkinkan Anda melanjutkan. Pengakuan memungkinkan Anda memulai ulang. Penting untuk menarik garis antara masa lalu dan masa depan jika Anda tergoda untuk mundur.

(4) Ini memungkinkan Anda tumbuh. Thomas Edison dilaporkan mengatakan bahwa kegagalan mengajarinya 10.000 cara tidak untuk membuat bola lampu. Membuat kegagalan berguna untuk Anda daripada melawan Anda mulai dengan pengakuan dan menerima pengampunan Tuhan.

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi : Selasa, 02 Agustus 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: