TANYA DAN DENGARKAN

Pernahkah Anda bersalah menuduh seseorang sebelum Anda mengetahui semua faktanya? Jika demikian, ketahuilah bahwa Anda sedang menarik ujung tali yang sama dengan Setan, ‘penuduh’ resmi dari anak-anak Tuhan. Alkitab berkata: ‘Telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.’ (Wahyu 12:10) Kedewasaan emosional dan spiritual menuntut Anda terlebih dahulu mencari pemahaman, daripada membuat tuduhan tergesa-gesa.

Lihatlah contoh yang Tuhan berikan kepada kita di Taman Eden. Dia bisa dengan mudah berkata, ‘Adam dan Hawa, kamu orang-orang berdosa yang tidak menghargai, seharusnya Aku tidak pernah mempercayaimu di taman- Ku!’ Gaya Tuhan yang tidak menuduh Adam dan Hawa tentang dosa mereka memberikan model yang kuat bagi kita yang cenderung berbicara sebelum kita memiliki semua informasi yang relevan.

Alkitabberkata: ‘Tetapi TUHANAllahmemanggil manusia itu dan berFirman kepadanya: “Di manakah engkau?” Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?’ (Kej 3:9-11)

Perhatikan bahwa Tuhan sudah mengetahui jawaban atas ketiga pertanyaan yang Dia ajukan. Namun demikian, Dia memberi Adam kesempatan untuk menjelaskan sisi ceritanya. Dan dalam kasus Adam, dia tidak bisa. Namun, prinsip ilahi masih berlaku: mengajukan tanggapan dengan cermat adalah langkah kunci dalam mengatasi kecenderungan Anda untuk mengkritik atau menuduh. Apakah Anda pernah dituduh secara tidak adil? Jika sudah, jangan lakukan itu pada orang lain. Tanya, dan dengarkan!

Sumber : Buku Renungan Hari Ini
Edisi Rabu, 20 Juli 2022

Penulis: SUARA GRATIA 95,9 FM

Jl. Setiabudi 31 Cirebon 24 JAM ON AIR 0231.230816 0817222959

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: